Apa Fungsi dan Manfaat Data Center dari NEX?

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, data center sudah menjadi bagian terpenting dalam perusahaan atau instansi untuk mengelola sekaligus menyimpan data-datanya agar lebih aman. NEX Datacenter adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan data center dengan kualitas terbaik. Penggunaan data center memang memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. Hal inilah yang membuat masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya sistem pengelolaan data dan penyimpanan yang lebih aman.

Fungsi dan Manfaat Data Center

Data center merupakan suatu fasilitas yang dipakai untuk meletakkan sistem komputer termasuk dengan komponen-komponennya, seperti penyimpanan data, sistem telekomunikasi dan lain sebagainya. Fungsi  Data center pada dasarnya adalah memudahkan pengguna untuk mengakses data dengan kecepatan yang stabil. Tidak hanya itu, data center juga akan mengamankan semua data yang tersimpan dengan baik dari risiko bencana alam, kebakaran dan lainnya. Selain berfungsi untuk meletakkan akses data dan aplikasi perusahaan, pusat data atau data center juga dapat membantu perusahaan meminimalisir pengeluaran setiap waktunya. Kenapa? Karena dengan data center maka pengeluaran perusahaan bisa lebih tertata dengan sistem kerja yang efesien dan efektif sehingga hasilnya pun bisa maksimal.

Tidak dipungkiri bahwa data center sangat berpengaruh dalam aktivitas perusahaan besar, baik di Indonesia ataupun dunia. Hal inilah yang membuat para pemilik perusahaan selalu berhati-hati dan teliti dalam memilih penyedia data center yang berkualitas. NEX Datacenter dari PT CBN Nusantara adalah salah satu perusahaan yang sudah banyak dipilih perusahaan besar untuk mendapatkan data center yang aman dan mumpuni. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang akan dirasakan perusahaan jika menggunakan data center terbaik.

1. Operasional lebih efektif dan efisien

Baca Juga  Review Pulau Komodo – Surganya Komodo dan Wisata Dunia

Dengan memakai data center, operasional perusahaan akan lebih efisien dan juga efektif. Hal ini tentunya berdampak baik untuk masa depan perusahaan karena bisa menjaring lingkaran bisnis yang lebih baik lagi. Data center akan menjamin semua kelancaran operasional bisnis agar lebih taktis da bisa diakses dengan mudah oleh perusahaan.

2. Data perusahaan lebih aman

Seperti yang diketahui bahwa perusahaan pastinya menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak setiap harinya. Secara teknis, semua data tersebut mungkin bisa ditangani, tapi sangat tidak mungkin jika semua data bisa disimpan dan dikelola secara manual. Oleh karena itulah kenapa penggunaan sistem pusat data sangat penting untuk menjamin keamanan semua data yang tersimpan agar terhindar dari risiko hilang, bocor atau rusak.

3. Melindungi data dari Risiko Bencana

Seperti yang sempat disinggung bahwa data center bermanfaat untuk melindungi data agar selalu aman dan terjaga. Ada banyak risiko yang selalu mengintai perusahaan seperti bencana alam yang secara tiba-tiba datang dan merusak data, kebakaran, pencurian dan lainnya. Padahal butuh waktu yang sangat lama agar seluruh data bisa tersimpan dengan baik. Dengan memakai data center, maka Anda bisa memakai server yang aman. Jadi saat ada risiko kerusakan, maka data center bisa melakukan recovery data paska bencana.

Memilih jasa penyedia data center tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih data center yang telah didukung dengan syarat keamanan yang terverifikasi dan mumpuni agar tidak ada gangguan baik secara fisik maupun virtual. Salah satu datacenter yang terjamin keamanan dan kualitasnya adalah NEX IDC  oleh PT CBN Nusantara ini tentunya sudah dikenal baik oleh masyarakat sebagai ISP terkemuka di tanah air. NEX Datacenter menawarkan data center dan colocation server di Indonesia dengan keunggulan-keunggulan yang dapat menjamin keamanan data perusahaan Anda. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait dengan seluruh data perusahaan yang tersimpan.

Baca Juga  Solusi Mengatasi Keterbatasan Modal saat Memulai Bisnis

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.