Arti Sebuah Hijab Bagi Perempuan Muslim

Arti Sebuah Hijab Bagi Perempuan Muslim

Bagi perempuan muslim, menggunakan hijab untuk menutup aurat merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalakankan. Namun saat ini menggunakan hijab atau jilbab oleh permpuan bukan hanya sebagai kewajiban dalam menjalankan syariat saja, melainkan sebagai gaya hidup dan fashion mode. Banyak sekali sekarang ini toko dan designer yang menjual atau mendesign jilbab dengan mode yang cocok bagi perempuan jaman sekarang, seperti hijup. Lalu sebenarnya apa sih Arti Sebuah Hijab Bagi Perempuan Muslim. Pada artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang hijab.

Para perempuan sudah diperintahkan untuk menutupi dirinya. Kewajiban dan perintah dari Allah yang kita ketahui bersama bahwa setiap perintah Allah sebenarnya kembali untuk kepentingan manusia. Mendapatkan kebahagiaan dengan menaati perintah Allah, tidak hanya kebahagiaan di akhirat tapi juga dampak yang terasa di dunia. Islam mengajarkan cara berpakaian yang sesuai dengan fitrah manusia, maka itulah pakaian yang terbaik.
Allah memerintahkan sesuatu pasti ada manfaatnya untuk kebaikan manusia. Dan setiap yang benar-benar manfaat dan dibutuhkan manusia dalam kehidupannya, pasti disyariatkan atau diperintahkan oleh-Nya. Di antara perintah Allah itu adalah berjilbab bagi perempuan muslimah.

Lalu apa sajakah manfaat dari jilbab itu sendiri?

  • Tanda perempuan Ideologis Terhadap Agama Islam
    Perempuan muslimah yang selalu mengenakan jilbab, baik ketika ia keluar rumah maupun pada foto-foto di media sosial, merupakan tanda bahwa dia benar-benar memegang teguh pada syariat agama islam. Mereka faham benar bahwa syariat bukan hanya sekedar teori, tetapi harus dipraktekkan dalam kehidupan.
  • Menutupi Aurat
    Berdasarkan pendidikan islam, aurat artinya telanjang menurut bahasa, sedangkan aurat menurut istilah adalah aggota tubuh yang harus ditutupi agar tidak menyebabkan syahwat atau perasaan aneh bagi yang melihat. Seperti yang sudah Anda ketahui, aurat perempuan adalah sekujur tubuh kecuali telapak tanggan dan wajah, jadi, menggunakan hijab dihukumi wajib ain bagi perempuan.
  • Selamat dari adzab Allah (adzab neraka)
    “Ada dua macam penghuni Neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan perempuan-perempuan yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (perempuan-perempuan seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh” (HR. Muslim). Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “perempuan-perempuan yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya. “perempuan-perempuan yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.
  • Meredakan Hawa Nafsu Bagi Pria Yang Melihat
    Ketika pria melihat perempuan tanpa jilbab, pasti akan muncul beberapa perasaan dan pikiran tertentu, misalkan pria itu berkata di dalam hati “rambut perempuan itu sangat cocok dengan wajahnya” atau “rambutnya lurus dan panjang, aku ingin melihat wajahnya”, dan lain sebagainya, itu adalah perasaan-perasaan kecil hawa nafsu. Tetapi, jika perempuan tersebut memakai jilbab, tentu perasaan hawa nafsu pria tersebut lebih mereda.
  • Terhindar dari pelecehan
    Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum perempuan adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena perempuan merupakan fitnah (godaan) terbesar. Sebagaiman sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, “Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada perempuan.” (HR. Bukhari) Jikalau perempuan pada jaman Rasul merupakan fitnah terbesar bagi laki-laki padahal perempuan pada jaman ini konsisten terhadap jilbab mereka dan tak banyak lelaki jahat saat itu, maka bagaimana perempuan pada jaman sekarang? Tentunya akan menjadi target pelecehan. Hal ini telah terbukti dengan tingginya pelecehan di negara-negara Eropa (perempuannya tidak berjilbab).
  • Pertanda perempuan Sholehah
    perempuan yang sholehah adalah perempuan yang memiliki sikap dan prilaku yang baik. Jika Anda berkaca pada point pertama di atas, sebuah jilbab yang dikenakan mencerminkan bahwa dia adalah perempuan yang sholehah, terutama jika Anda belum pernah melihatnya. Berbeda jika Anda mengenal perempuan yang jarang atau tidak pernah memakai jilbab, Anda mungkin akan berpikir bahwa dia bukan perempuan sholehah.
  • Memelihara kecemburuan laki-laki
    Sifat cemburu adalah sifat yang telah Allah subhanahu wata ala tanamkan kepada hati laki-laki agar lebih menjaga harga diri perempuan yang menjadi mahramnya. Cemburu merupakan sifat terpuji dalam Islam. “Allah itu cemburu dan orang beriman juga cemburu. Kecemburuan Allah adalah apabila seorang mukmin menghampiri apa yang diharamkan-Nya.” (HR. Muslim). Bila jilbab ditanggalkan, rasa cemburu laki-laki akan hilang. Sehingga jika terjadi pelecehan tidak ada yang akan membela.
  • Akan seperti biadadari surga
    “Dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia atau jin pun sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman: 56). “Mereka laksana permata yakut dan marjan.” (QS. Ar-Rahman: 58). “Mereka laksan telur yang tersimpan rapi.” (QS. Ash-Shaffaat: 49). Dengan berjilbab, perempuan akan memiliki sifat seperti bidadari surga. Yaitu menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya, yang senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. perempuan inilah merupakan perhiasan yang amatlah berharga. Dengan berjilbab, perempuan akan memiliki sifat seperti bidadari surga.
  • Memberikan Rasa Hormat
    Mari kita melanjutkan pembicaraan pada point ke empat di atas bahwa memakai jilbab bisa meredakan hawa nafsu pria saat melihat perempuan. Selain itu, pria tersebut juga akan merasa malu untuk menggodanya, pria itu menghormati identitas kemuslimahannya.
  • Memberikan Pendidikan Bagi Orang Lain
    Anda menyuruh anak memakai jilbab sedangkan Anda sendiri tidak memakai jilbab, bagaimana tanggapan anak ? Anda seorang ustadzah menghimbau santri untuk selalu mengenakan jilbab, lalu santri melihat foto tanpa jilbab di media sosial, bagaimana tanggapan mereka ?, tentu mereka akan mengatakan Anda “munafik”. Memberikan contoh baik harus dimulai dari diri Anda sebelum orang lain, jika Anda selalu berjilbab maka secara tidak langsung orang lain akan terdidik untuk berjilbab pula.
  • Bermanfaat Bagi Kesehatan
    Ternyata, memakai jilbab atau kerudung juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, bagi kulit dan rambut, seperti Kulit terjaga dari sisik-sisik kasar akibat sinar matahari, Kulit yang tertutupi jilbab tidak terbakar oleh sinar matahari, Rambut terjaga dari sinar UV, debu, kotoran, dan polusi.
  • Terlihat Lebih Ayu
    Banyak orang mengatakan perempuan terlihat lebih ayu dengan jilbab yang dikenakannya, ini benar. Lalu, terlihat ayu dari mana ? tentu saja dari busana jilbabnya yang menunjukkan keserasian antara busana dan wajahnya. Dari depan, samping, maupun dari belakang Anda melihatnya, tetap saja serasi, ditambah lagi jika dia tersenyum dengan anggun.

Dengan berbagai manfaat yang ada diatas tersebut, sekarang ini banyak sekali perempuan yang beramai-ramai mulai menggunakan jilbab, karena kebanyakan dari mereka ingin merasa terlihat seperti bidadari dan terlihat lebih ayu. Para perempuan saat ini senang menggunakan jilbab modern dengan gaya fashion jaman sekarang, sehingga akan terlihat lebih modis.

Itulah Arti Sebuah Hijab Bagi Perempuan Muslim menurut pandangan saya.

Related posts

One Thought to “Arti Sebuah Hijab Bagi Perempuan Muslim

Leave a Comment