Baru Diketahui Ternyata Internet Dikendalikan oleh 14 Orang dengan 7 Kunci Rahasia

Baru Diketahui Ternyata Internet Dikendalikan oleh 14 Orang dengan 7 Kunci Rahasia

Baru Diketahui Ternyata Internet Dikendalikan oleh 14 Orang dengan 7 Kunci Rahasia. Sebuah organisasi bertanggung jawab mengatur alamat internet, mereka memiliki kontrol terhadap keseluruhan internet di dunia.

Internet Dikendalikan oleh 14 orang dengan 7 kata kunci

Orang-orang yang mengadakan upacara ini adalah bagian dari organisasi yang disebut sebagai Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ICANN bertanggung jawab untuk mengatur alamat internet numerik ke dalam website dan komputer, kemudian menerjemahkannya ke dalam alamat web normal yang bisa diketik setiap orang ke browser mereka.

ICANN bertanggung jawab untuk menjembatani kebutuhan komputer dan manusia dalam berinternet ria.

ICANN

Sederhananya, jika kamu mengetik 64.27.101.155 di pencarian browser-mu, kamu akan dibawa ke halaman web Business Insider. Namun, www.businessinsider.com lebih mudah diingat orang. ICANN memetakan nomor-nomor tersebut (lebih mudah bagi komputer untuk menggunakannya) dengan kata-kata (lebih mudah bagi manusia untuk menggunakannya).

Orang yang dipercaya oleh ICANN akan bisa mengontrol seluruh aktivitas di internet, bahkan untuk kepentingan dirinya sendiri jika ia berniat demikian.

Kalau seseorang memiliki kontrol terhadap database ICANN, pada dasarnya orang tersebut akan mengontrol keseluruhan internet. Misalnya, orang tersebut bisa dengan mudah membawa seseorang ke situs bank palsu, bukan bank tujuan asli penjelajah internet tersebut.

Orang yang paling dipercaya untuk memegang kendali internet di dunia ini totalnya ada 14 orang: 7 orang pemegang utama dan 7 orang cadangan.

Di lain sisi, kalau ada musibah terjadi, database ICANN bisa saja butuh untuk dibangun ulang. Jadi ICANN menentukan cara untuk melakukannya tanpa mempercayakannya kepada ke sembarang orang. ICANN memilih 7 orang sebagai pemegang kunci dan memberikan masing-masing 1 kunci ke database internet. Organisasi ini juga memilih 7 orang cadangan dalam memegang kunci: jadi keseluruhan ada 14 orang pengendali internet.

7 kunci fisik internet perlu digabung menjadi satu untuk mengakses database internet utama, ibaratnya sama seperti 7 bola naga dalam serial anime Dragon Ball.

BACA JUGA

Daftar Internet Service Provider / ISP di Tegal

Daftar Internet Service Provider / ISP di Purwokerto

Teknologi Canggih Dan Mengagumkan Ini Yang Akan Mengubah dan Merevolusi Dunia

Kunci-kunci fisik ini dapat membuka kotak brankas yang tersimpan di berbagai penjuru dunia. Di dalam kotak-kotak ini adalah “kartu kunci pintar” atau smartcards. Kalau kamu menggabungkan seluruh 7 smartmards bersama, kamu akan mendapatkan “master key/kunci master”. Master key ini berupa kode komputer, sebuah password tertentu yang bisa mengakses database ICANN.

Key ceremony diadakan setiap 4 kali dalam setahun sejak ritual pertamanya di tahun 2010 di sebuah tempat dengan tingkat keamanan luar biasa ketat.

Selama 4 kali dalam setahun sejak tahun 2010, 7 pemegang kunci bertemu dalam upacara kunci (key ceremony) di mana mereka membuat master key baru alias password baru. Pengamanan yang diberlakukan pada upacara tersebut sangat super ketat, menurut laporan Ball. Di dalamnya termasuk harus melewati berlapis-lapis pintu terkunci dengan kode kunci khusus dan pemindaian tangan. Sampai akhirnya diadakan di dalam ruangan yang saking terjaga ketatnya sampai gak ada alat komunikasi elektronik yang bisa meneruskan sinyal.

Ritual rutin para pemegang kunci internet selalu diakhiri dengan acara hiburan yang mengharuskan mereka menyatu dengan masyarakat awam dalam pesta, tanpa membicarakan pekerjaan rahasia mereka ini.

Grup ini melakukan ritual rutinnya, kemudian setiap personil akan keluar dari ruangan satu per satu. Barulah kemudian mereka berkumpul kembali untuk bersantai di restoran atau sebuah pesta. Ball melaporkan secara detail tentang upacara terbaru yang diadakan oleh para pemegang kunci internet.

Kamu bisa menyaksikan video upacara kunci pertama di atas yang diadakan pada tahun 2010. Percepat ke menit 1:58 untuk menyaksikan upacaranya. Penelitian mendetail ini dilakukan oleh Business Insider. Setidaknya kita sekarang tahu bahwa kita gak bisa sembarangan di internet dan terlalu menggantungkan internet dalam segala hal karena apapun bisa terjadi pada para pemegang kunci ini. Yang jelas, gunakan internet untuk memaksimalkan kebaikan, karena tetap saja internet menjadi kekuatan komunikasi terefektif saat ini.

Sumber : idntimes.com

Incoming search terms:

Related posts

Leave a Comment