Begini Tips Memilih Harga AC 1 Jutaan Sesuai Kebutuhan

AC atau Air Conditioner merupakan salah satu kebutuhan keluarga maupun perumahan. Pasalnya, hampir tiap rumah hingga perusahaan-perusahaan besar menggunakan AC sebagai pelengkap ruangan demi menambah kenyamanan. Hadirnya AC juga memberikan kesegaran tersendiri ketika ruangan tersebut pengap dan sirkulasi udara kurang lancar.

Nah, bagi Anda yang ingin memasang AC di kamar pun juga bisa langsung membelinya. Hanya saja, dengan pemilihan merek dan kualitas yang tepat. Apalagi saat ini banyak tersedia harga AC 1 jutaan dengan berbagai merek dan fitur unggulan. Biar tidak salah pilih, berikut ini adalah tips dan panduan dalam memilih AC yang tepat.

Sesuaikan Ukuran PK dengan Luas Ruangan

Satu hal utama dan pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli AC adalah menyesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan yang hendak dipasangi. Baik ruang tamu, kamar tidur, maupun ruang kantor sebaiknya dicek terlebih dulu luasnya. Tujuannya, supaya suhu dingin yang dikeluarkan oleh AC bisa disebar secara merata keseluruh ruangan.

Berikut ini adalah contoh luas ukuran ruangan dengan ukuran PK yang tepat. Untuk ruangan berukuran 10 meter persegi kompatibel dengan AC ukuran ½ PK, sedangkan luas ruangan 14 meter persegi cocok dengan AC ukuran ¾ PK, luas ruangan sebesar 18 meter persegi cocok dengan ukuran AC 1 PK, begitupula dengan luas ruangan 24 meter persegi untuk ukuran AC 1 ½ PK.

AC ukuran 2 PK  biasanya untuk luas ruangan 36 meter persegi. Kemudian, untuk luas ruangan lebih dari dari 36 meter persegi, dipertimbangkan lagi untuk memasang lebih dari satu AC. Masing-masing harga AC 1 PK pun akan berbeda dengan harga AC ½ PK, ¾ PK, dan lainnya.

Baca Juga  Ingin Mulai Bisnis Tanpa Keluar Uang Banyak? Ini Dia Caranya!

Jenis AC Sesuai Kebutuhan

Tahukah Anda, rupanya AC memiliki jenis yang berbeda-beda. Tentunya, tiap jenis AC tersebut memiliki keunggulan tersendiri tergantung dari jenis ruangan yang hendak dipasangi. Misalnya saja, untuk pemasangan di rumah tangga, biasanya menggunakan AC Split. Sedangkan untuk pemasangan di gedung perkantoran biasanya memilih AC Split atau AC Cassette yang diterapkan pada langit-langit.

Berbeda lagi untuk AC pada pusat perbelanjaan dan hotel, biasanya akan menggunakan jenis AC central yang memiliki kompresor sangat besar. Kalaupun ingin AC yang portable alias bisa dipindah-pondah kemanapun (berbagai keperluan acara), bisa memilih AC standing yang cocok.

AC yang Hemat Listrik

Sebagai konsumen, ketika ada pilihan AC dengan keunggulan hemat listrik, pasti akan langsung tertarik. Sebab, pemakaian AC saat ini terbilang menyedot banyak energi listrik. Tak  heran, kini banyak bermunculan produk AC baru dengan kemampuannya menghemat energi. Dengan demikian, tagihan listrik pun tidak membengkak dan akhirnya mengurangi pengeluaran bulanan.

Namun, apakah AC yang hemat energi akan berpengaruh terhadap kinerja AC? Tentu tidak. Bahkan kini tersedia jenis AC dengan fitur auto yang akan mati sendiri ketika ruangan sudah dingin dan kembali menyala ketika suhu ruangan mulai panas secara otomatis.

Fitur AC Sesuai Kebutuhan

Tips memilih AC yang tepat lainnya yang perlu diperhatikan adalah memastkan fitur yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan Anda. Percuma membeli harga AC 1 jutaan atau bahkan lebih mahal ketika fitur yang begitu mewah tersebut tidak digunakan sama sekali.

Misalnya, Anda membeli sebuah AC bermerek Sharp yang lengkap dengan fitur Plasmacluster. Tahukah Anda, fitur ini berguna untuk memurnikan udara, menghancurkan jamur di udara, hingga membersihkan alergen. Namun, adanya fitur plasmacluster tersebut tidak akan penting lagi ketika di dalam ruangan Anda sudah tersedia penjernih udara tersendiri.

Baca Juga  Toko Elektronik Online, Tips untuk Menjalankannya!

Merek AC yang Terpercaya

Tidak dipungkiri bahwa saat ini banyak muncul AC merek baru dengan penawaran harga AC murah. Namun, pastikan untuk tidak terkecoh oleh harga merek. Tetap perhatikan tingkat kualitas dan keawetan AC tersebut. Untuk itu, bisa diatasi dengan cara memilih AC dari merek yang terpercaya. di Indonesia sendiri pun sudah memiliki pasaran AC yang terbaik seperti Sharp, Panasonic, Samsung, Midea, LG, dan masih banyak lagi.

Nah, sebagai referensi merek dan harga AC 1 jutaan, Anda bisa mengunjungi situs belanja online terpercaya Bhinneka. Melalui situs tersebut, Anda akan diberikan rekomendasi AC terbaik sesuai kebutuhan.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.