Blender dan Cara Merawatnya yang Tepat Agar Awet Walaupun Sering Digunakan

Blender dan Cara Merawatnya yang Tepat Agar Awet Walaupun Sering Digunakan

Banyak alat dapur yang bisa dipergunakan untuk berbagai macam hal misalnya blender yang bisa untuk menghaluskan bumbu, sayuran ataupun buah yang bisa dibuat menjadi jus. Alat penghalus yang sudah ada di toko online ini biasanya bisa bertahan lama akan tetapi karena penggunaan dan cara perawatan yang salah membuat alat ini mudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi dalam jangka waktu yang lama sehingga mau tidak mau Anda harus membeli yang baru.

Ada cara untuk merawat alat yang dilengkapi dengan mata pisau di dalamnya tersebut agar bisa lebih awet dan tahan lama. Pertama adalah hindari untuk mengisi tabung terlalu penuh. Anda cukup mengisi hingga ¼ atau ½ tabung saja sehingga mesin dan mata pisau tidak bekerja terlalu keras untuk menghaluskan bahan yang ada di alat elektronik tersebut. Kedua adalah dengan menambahkan sedikit air untuk memudahkan dalam menghaluskan bahan makanan tersebut apalagi jika bahan makanan tersebut memiliki tekstur yang cukup keras.

Ketiga adalah memotong bahan makanan terlebih dahulu sebelum di haluskan dengan alat elektronik tersebut. Hal itu disebabkan karena mata pisau dan mesin memiliki daya dan kekuatan tersendiri untuk menghaluskan bahan makanan namun tidak bisa menghaluskan yang memiliki tekstur yang cukup keras ataupun keras dan dengan ukuran yang besar. Misalnya wortel, walaupun bisa di hancurkan tanpa harus dipotong-potong namun hasilnya tidak bisa halus atau ada bagian-bagian yang besar. Dengan memotong bahan makanan tersebut, bisa menyebabkan alat elektronik tersebut bisa lebih ringan bekerja dan hasil lebih halus.

Keempat adalah menyalakan mesin terlalu lama. Blender  bisa lebih mudah rusak karena dipergunakan dalam jangka waktu yang lama apalagi untuk menghancurkan bahan makanan yang memiliki tekstur yang cukup keras. Penggunaan alat elektronik untuk menghaluskan bahan makanan dalam jangka waktu yang cukup lama ini bisa membuat mesin terlalu panas sehingga performa kurang maksimal. Hindari untuk menggunakan alat ini lebih dari 30 menit. Namun, masing-masing jenis dan blender tersebut memiliki ketahanan yang berbeda sehingga Anda bisa mengeceknya di buku petunjuk atau di kardus dari alat elektronik tersebut.

Kelima adalah segera mencuci setelah dipergunakan. Hal tersebut bertujuan agar alat tersebut tidak memiliki bau yang tidak sedap dan terdapat endapan bahan makanan yang dihaluskan yang bisa menyebabkan mata pisau berkarat dan bagian bawah dari tabung alat tersebut menjadi kotor dan terdapat endapan. Anda bisa membersihkannya dengan mempergunakan irisan jeruk nipis terutama untuk menghilangkan bau amis atau dengan cola untuk menghilangkan karat atau kotoran yang mengendap.

Cara lainnya untuk membersihkan dan merawat blender agar awet untuk dipergunakan dan tahan lama adalah:

  • Membersihkan tabungnya dengan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Saat membersihkan tabung yang di dinding-dindingnya terdapat sisa-sisa bahan makanan yang sudah dihaluskan tersebut maka Anda harus mencabutnya lebih dahulu dan kemudian beri sabun cuci piring dan bersihkan di bawah air mengalir sehingga sisa-sisa bahan makanan tersebut bisa keluar atau bersih dan tidak mengendap di bagian bawah.
  • Mengeringkan alat elektronik tersebut setelah dicuci. Tidak hanya bagian tabungnya yang harus benar-benar dibersihkan namun juga bagian tutup. Gunakan lap kering yang bisa menjangkau dasar dari alat elektronik untuk menghaluskan bahan makanan. Bisa menggunakan bantuan sendok atau sumpit agar lap tersebut bisa menjangkau dasarnya.
  • Simpan di tempat yang kering.

Related posts

Leave a Comment