Cara Memperkecil Load CPU Pada Mikrotik

Cara Memperkecil Load CPU Pada Mikrotik – CPU Load adalah beban yang sedang diproses dalam bentuk grafik guna memperlihatkan waktu yang diperlukan oleh cpu/prosesor dalam menjalankan service atau packages dan ditampilkan dalam persen. Jadi, counter ini merupakan indikator untuk mengetahui beban prosesor pada saat ini. Apabila indikator terlihat naik pada grafik itu tandanya prosesor sedang busy / sibuk bekerja, terkadang mencapai diatas 60% atau bahkan hingga 100%. Dan dapat dipastikan mikrotik akan berjalan lamban, susah kita akses dari winbox maupun web-config. Dan efeknya membuat jaringan akan tergaggu.

Pada saat kita menerapkan settingan tertentu terkadang mikrotik tiba-tiba menunjukkan gejala yang aneh, ini dikarenakan oleh grafik CPU Load pada mikrotik yang meninggi. Penyebab dari cpu load tinggi dikarenakan adanya services yang tengah berjalan. Hal yang menakutkan bagi pengguna Mikrotik kelas router-board kecil seperti RB750, RB450, RB433, RB941-2nD-TC hAP-Lite2, dan juga mikrotik spek rendah sejenis itu adalah kejadian CPU Load pada mikrotik memuncak hingga 100%, hal ini bisa menyebabkan kinerja jaringan yang kita kelola menjadi tidak optimal dan terganggu, bahkan bisa menyebakan macet atau lebih parah lagi mikrotik hangus/rusak karena tidak mampu menampung beban prosesor dalam menjalankan service yang berat seperti userman / user-manager. Pengelola hotspot akan dibuat pusing dengan keadaan ini.

CPU Load Mikrotik

Nah, bagaimana cara mengatasi masalah ini? berikut ini kami paparkan solusi atau mengurangi beban cpu pada mikrotik agar berjalan lebih enteng / ringan, antara lain:
kurangi firewal yang tidak begitu diperlukan di bagian filter, mangle dan NAT
caranya: masuk winbox, IP, Firewall kemudian silahkan Anda pilah-pilah mana rule sekiranya tidak begitu diperlukan dan hapus.
kurangi paket service / hapus packages yang tidak dipakai
caranya: masuk winbox, system, packages, pilih paket yang tidak terpakai, kemudian klik uninstall pada packages berikut : calea, gps, ipv6, isdn, kvm, lcd, multicast, ntp, ups.
menggunakan radius server/userman external
Cara satu, jika anda mempunyai komputer tak terpakai anda bisa memanfaatnya untuk dijadikan radius external. namun dalam operasional jika anda pakai komputer sebagai radius external maka beban listrik atau tagihan listrik anda akan bertambah.
Cara dua, menggunakan userman cloud. kelebihan dari menggunakan userman cloud adalah hemat listrik karna server radius/userman berada di cloud / di hosting sehingga anda tidak terbebani oleh listrik tambahan. Selain hemat listrik dengan userman cloud anda dapat membangun system voucher hotspot yang terpusat yaitu dengan cara mengkonekkan radius client pada setiap mikrotik anda ke userman cloud, misalnya:

Baca Juga  Pengamanan Mikrotik dari Scan Winbox dan Neighbour

Anda pengelola jaringan hotspot atau Rt-Rw NET yang tersebar di beberapa kampung / beberapa tempat dimana setiap router mikrotik berada pada lokasi yang berjauhan bahkan terkadang sudah berbeda jaringan dan berbeda sumber ISP / sumber internet pada setiap layanan hotspot tersebut, dengan userman cloud ini anda bisa gabungkan data user/voucher dalam satu system sehingga pelanggan / user anda yang membeli voucher hotspot anda di Kampung-A akan dapat akses ke layanan hotspot anda di Kampung-B selama voucher yang dimiliki user tersebut memiliki masa aktif yang masih berlaku. Dengan userman cloud ini data user menjadi menjadi lebih aman bahkan jika router anda terbakar data user yang tersimpan di cloud tetep terjaga dengan baik, dengan bagitu anda tinggal beli router kecil yang murah kemudian konekkan radius client pada router baru anda ke userman clud maka data akan kembali utuh tanpa ada kurang sedikitpun

Userman Mikrotik

Jika anda tertarik untuk menggunakan userman cloud ini anda bisa daftar di IDHostNetwork.
Demikian artikel kita kali ini kami sampaikan terima kasih telah membaca dan mengunjungi kami.

 

Incoming search terms:

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.