Cara Mendapatkan IP Public Static

Kali ini saya akan memberikan informasi Cara Mendapatkan IP Public Static. Namun sebelumnya apakah anda tahu apa itu ip public. IP Public adalah IP atau alamat yang bisa diakses langsung oleh internet. Alamat-alamat ini ditetapkan oleh InterNIC dan terdiri dari beberapa buah network identifier yang dijamin unik (tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika jaringan tersebut telah terhubung ke Internet. Analoginya IP Public itu seperti kamu punya nomer telepon rumah atau nomer HP yang bisa ditelepon langsung oleh semua orang. Dan pastinya nomor setiap orang pasti berbeda, begitupun juga dengan ip public pasti tidak akan ada yang sama satu sama lainnya.

IP ada 2 jenis IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6 (IPv6). Saat ini internet dunia dalam migrasi ke IPV6, kerana alokasi IPv4 sudah mau habis. IP Public diatur secara Internasional oleh IANA, untuk wilayah Asia pasifik didelegasikan ke APNIC. Di Indonesia ada sekitar 38 Perusahaan/lembaga yang terdaftar (member) langusng ke APNIC, bisa dilihat di APNIC. Ada beberapa kelompok member yaitu : Very Large, Extra Large, large, Medium, Small, Very Small, Accociate. Setahu saya itu dikategorikan berdasarkan Block IP yang dibeli (sewa). Misal PT Telkom dan Indosat masuk dalam kategori “Very large”.

Karena mulai dibatasinya IP Public versi 4 inilah maka beberapa provider seperti indihome dan lainnya hanya memberikan kepada kita ip public dinamic atau bahkan hanya memberikan ip private. Hal ini tentunya sangat merepotkan bagi kita yang membutuhkan ip public static untuk keperluan monitoring server, membuat webserver, cctv, server pulsa dan berbagai kebutuhan lainnya yang sangat mengandalkan dan membutuhkan ip public static.

Baca Juga  Beli Rumah Jakarta Yang Cocok Untuk Bisnis Kuliner

Ada beberapa cara mendapatkan ip public static, seperti :

  • Meminta Terhadap Internet Service Provider (ISP) dimana kita berlangganan. Namun saat ini akan sangat susah meminta ke pihak ISP untuk memberikan kita IP Public static, kalaupun ada biasanya ada harga tersendiri. Contoh bagi pengguna indihome bisa upgrade ke paket gold maupun astinet (tapi harganya sangat mahal).
  • Sewa IP Public ke pihak lain dengan metode tunneling. Contoh kita bisa sewa ip public murah di IDHostNETWORK.
  • Sewa VPN Dedicated yang memperoleh IP Public Static

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan ip public static. Semoga bermanfaat

Incoming search terms:

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.