Cerita Seru Mereka yang Keliling Indonesia Pakai Motor

Cerita Seru Mereka yang Keliling Indonesia Pakai Motor

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki banyak pulau dengan pemandangan yang indah dan kebudayaan yang beragam. Mengunjungi setiap jengkal pulau-pulau di Indonesia tentu akan menjadi pengalaman yang tak akan pernah terlupakan seumur hidup. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menengok betapa indahnya setiap daerah yang ada di negeri ini, salah satunya dengan mengendarai sepeda motor.

Diantara lebih dari 250 juta rakyat Indonesia, ada beberapa orang yang pernah dengan nekat berkeliling keberbagai daerah di negeri ini hanya dengan menggunakan sepeda motor kesayangannya. Berbagai pengalaman seru, menegangkan, dan melelahkan pun pernah mereka rasakan. Mau tahu siapa saja orang yang pernah merasakan pengalaman hebat tersebut?

Dayat

Pemuda asal Aceh ini berpetulang keberbagai provinsi di Indonesia menggunakan sepeda motor Honda Supra Vit lansiran 2004 dengan niat mulia. Dayat yang memang memiliki hobi touring ini mengenban misi untuk memererat persaudaraan, bersilaturahmi, dan berbudaya dari Aceh untuk Indonesia. Maka dari itu, perjalanan panjangnya ini pun ia beri tema ‘Indonesia itu Indah Bray!’

Sejak memulai penjelajahannya pada tahun 2013, Dayat sudah pernah mengunjungi lima provinsi di pulau Sumatra. Perjalanannya berlanjut dengan mengunjungi pulau Jawa. Di Jawa ia mengarungi jalur selatan melalui Bandung, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya. Bahkan, Dayat sempat diundang untuk menghadiri Jambore Nasional AMCI Depok.

Lalu, Dayat pun menyebrang kepulau Sulawesi. Berbagai pulau indah di Sulawesi seperti Banda Neira, Samlaki, hingga pulau seram pun dikunjunginya. Menurut Dayat, keindahan alam yang ada di pulau-pulau di Sulawesi memberikan kesan yang paling menakjubkan selama perjalanannya mengelilingi Indonesia.

Pulau Papua pun ia kunjungi hanya dalam waktu dua bulan setelah petualangan dimulai. Selain bertamasya ketempat-tempat menarik di Papua, Dayat pun mengunjungi titik 0 km di Merauke. Pulau Borneo pun tak lupa untuk disambangi. Hebatnya, Dayat pun sempat mengunjungi beberapa tempat di Mayalsia yang bertetangga dengan Kalimantan.

Sebelum pulang, Dayat juga menyatroni daerah-daerah di selatan Indonesia seperti Bali, Nusa Tenggara, bahkan sampai ke Timor Leste.

M. Rizal Putra

Lelaki berusia 42 tahun asal Lampung ini pun tak mau kalah. Sempat terpuruk setelah perceraian dengan istrinya, Rizal pun memutuskan untuk pergi keberbagai penjuru Indonesia menggunakan sepeda motor Viva kesayangannya.

Berbeda dengan Dayat yang bisa langsung memulai perjalanan dari provinsi paling barat di Indonesia, Rizal justru harus terlebih dahulu berangkat dari Lampung menuju Aceh untuk menginjakan kaki di titik 0 km Indonesia.

Hebatnya, Rizal pergi hanya bermodal sepeda motor, pakaian, alat pancing, dan bekal lain yang jumlahnya tidak banyak. Beruntung, Rizal sering bertemu orang-orang baik yang membantunya selama perjalanan. Menurut Rizal, pulau Belitung adalah tempat paling berkesan dari petualangan yang ia lalui.

Ilham Saputra

Dibanding Dayat dan Rizal, pemuda asal Padang yang memulai petualangannya pada usia 22 tahun ini terasa lebih nekat. Pasalnya, Ilham pergi dengan menggunakan sepeda motor Vespa bekas yang kondisinya tidak terlalu baik.

Meskipun begitu, Ilham sanggup berkunjung ke 31 provinsi di Indonesia hanya dalam waktu tiga tahun. Bahkan, Ilham juga sempat berkunjung ke Timor Leste dan berbincang bersama penduduk setempat yang masih berbahasa Indonesia.

Dengan kondisi motor yang tidak terlalu baik, Ilham hanya bisa mengendarai motornya dengan kecepatan maksimal 60km/jam. Ilham juga sudah menghabiskan sekitar 40 ban bekas dan empat kampas kopling selama perjalanan.

Perjalanan paling berat yang dirasakan Ilham adalah saat melewati wilayah konflik di Aceh. Untungnya, iya banyak bertemu dengan warga yang memberikan saran untuk melanjutkan perjalanan di malam hari. Akhirnya, Ilham pun berhasil melewati wilayah konflik dengan selamat.

Kesulitan juga dirasakan Ilham saat berada di pulau Jawa. Dengan kontur jalan yang menanjak dan menurun, motor tua Ilham sering tidak mampu untuk melewati tanjakan. Untungnya banyak pengguna Vespa yang secara tak sengaja bertemu membantunya mendorong motor. Namun pemandangan indah yang ia lihat sepanjang perjalanan membuat kesulitan itu tak terlalu dirasa.

Ilham juga sempat kehilangan uang sebesar Rp 30 ribu. Saat berada di Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Ilham bertemu dengan beberapa pemuda mabuk yang memalakinya. Tidak mau ambil pusing, Ilham pun terpaksa memberikan uangnya agar bisa melanjutkan perjalanan.

Tidak hanya kesulitan, Ilham pun banyak mengalami pengalaman seru. Salah satunya adalah ketika terjadi cinta Lokasi dengan gadis yang ia temui di Manado. Tapi kisah percintaannya tidak berlanjut bersama petualangan Ilham berikutnya. Ilham juga mendapat penghargaan dari Leprid atas kegigihannya melewati berbagai daerah di Indonesia dengan menggunakan Vespa bekas.

Apakah kamu tertarik untuk mengikuti langkah mereka? Jika tertarik, tentu akan lebih baik jika kamu menyiapkan berbagai kebutuhannya sejak jauh hari, seperti kesehatan, motor yang terawat, dan biaya. Tapi kamu tidak perlu sedih kalau segalanya tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan dengan sepeda motor.

Sekarang, ada berbagai penerbangan murah yang bisa membawamu keberbagai tempat di Indonesia. Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik, kamu bisa membeli tiket murah di Reservasi.com.

 

Incoming search terms:

Related posts

Leave a Comment