Eksplorasi Pesona Wisata Provinsi Jawa Tengah

Eksplorasi Pesona Wisata Provinsi Jawa Tengah

Eksplorasi Pesona Wisata Provinsi Jawa Tengah – Jawa Tengah merupakan salah satu Provinsi di Indonesia. Secara Administratif Provinsi Jawa Tengah terdiri dari 29 Kabupaten dan 6 Kota. Ibukota Provinsi Jawa Tengah adalah Semarang. Wilayah Jawa Tengah terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, dan juga pantai. Dengan aneka ragam wilayah Provinsi Jawa Tengah sehingga banyak sekali Obyek Wisata Alam yang berada di Wiliayah Jawa Tengah. Selain Obyek Wisata Alam, Jawa Tengah juga kaya akan Wisata Budaya dan Sejarah, Serta Tempat Wisata Buatan yang modern.

Sebenarnya apa saja sih tempat wisata di Jawa Tengah yang mesti kita kunjungi? Saya akan berbagi beberapa tempat wisata yang menarik yang ada di Jawa Tengah yang harus anda kunjungi.

Kita Mulai dengan Wisata Pegunungan. Buat kalian yang hobby mendaki gunung, rugi rasanya kalau kalian tidak mengunjungi / mendaki beberapa gunung yang ada di wilayah Jawa Tengah. Berikut gunung yang harus kalian coba mendaki.

  • Gunung Slamet. Lokasi gunung slamet meliputi 5 Kabupaten, Yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 meter dpl.

gunungslamet

  • Gunung Sindoro. Memiliki ketinggian maksimal 3.150 mdpl juga merupakan salah satu gunung yang menjadu tujuan favorite para pendaki. Melakukan pendakian Gunung Sindoro akan menjadi semakin menyenangkan karna kita akan melewati padang sabana yang dipenuhi oleh bunga edelweis. Para pendaki Gunung Sindoro biasanya melakukan pendakian melalui jalur Kledung yang berada di kabupaten Temanggung. Waktu tempuh untuk sampai ke puncak Sindoro sekitar 5 hingga 6 jam.

sindoro

  • Gunung Sumbing. Gunung Sumbing adalah bagian dari gunung yang sering disebut dengan “Triple S” oleh para pendaki. Merujuk pada pada huruf depan nama gunung yakni Slamet, Sindoro dan Sumbing. Gunung Sumbing merupakan tetangga dekat dari Gunung Sindoro. Gunung Sumbing memiliki tinggi maksimal 3.371 mdpl. Gunung ini berada di antara tiga kabupaten di Jawa Tengah yakni Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Jalur pendakian paling umum Gunung Sumbing adalah Jalur Garung yang berada di kabupaten Wonosobo

gunung-sumbing

Itu adalah beberapa wisata Gunung yang wajib anda daki. Karena gunung tersebut merupakan 3 gunung yang terkenal dengan sebutan “Triple S”.

Selain wisata gunung, Jawa Tengah juga kaya akan obyek wisata di daerah dataran tinggi / pegunungan. Salah satu yang terkenal adalah Baturaden.

Baturaden merupakan obyek wisata yang berada di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Baturaden berada di sebelah selatan Gunung Slamet memiliki udara sejuk dan cenderung bertambah dingin di malam hari. Adapun beberapa Spot menarik yang harus anda kunjungi di Obyek Wisata Baturaden adalah

  • Pancuran Pitu (Pancuran 7). Pemandian air panas ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Suhu air di pemandian Pancuran Pitu ini berkisar antara 60 sampai dengan 70 derajat Celcius. Selain berendam air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang hijau, Anda juga bisa mencoba pijat sulfur dengan harga 7.500 Rupiah tiap 15 menit. Pemandian air panas di sini juga dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit.

pancuran7

  • Telaga Sunyi. Merupakan sebuah mata air yang sangat jernih. Air di sini juga sangat dingin dan segar. Sayangnya jika Anda berkunjung ke telaga ini, Anda dilarang untuk berenang atau mandi. Larangan ini diberlakukan sebagai wujud menjaga keselamatan para wisatawan yang berkunjung.

telagasunyi

  • Teater Alam Baturaden. Teater Alam ini adalah salah lokasi wisata yang paling menarik di Baturaden, karena teater ini adalah sebuah bioskop yang berbentuk pesawat. Pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia itu berdiri di atas tanah seluas 600 meter, tepat di samping pintu masuk lokawisata ini. Bioskop ini menayangkan film tentang alam dan budaya tanah air Indonesia seperti film tragedi tsunami, cerita budaya TMII, atau peristiwa Gunung Merapi. Durasi film yang ada di teater ini sekitar 10 sampai 15 menit.  Teater alam ini ditujukan bagi para pengunjung yang belum pernah naik pesawat supaya bisa merasakan sensasi naik pesawat terbang sambil menonton film di layar yang telah disediakan di dalam pesawat. Untuk masuk ke teater ini Anda hanya perlu membayar 5.000 Rupiah saja.

teater-alam-baturaden

Jawa Tengah juga memiliki obyek wisata pantai yang indah dan mempesona. Salah satu obyek wisata pantai yang terkenal di Jawa Tengah terdapat di bagian selatan wilayah Jawa Tengah yaitu di wilayah Kabupaten Cilacap dan Pulau Karimunjawa di bagian utara Jawa Tengah. Beberapa obyek wisata pantai yang wajib anda kunjungi adalah

  • Teluk Penyu. Pantai Teluk Penyu memiliki ombak yang besar namun bisa dibilang aman untuk aktifitas menyelam, berenang, berjemur, serta bermain boat. Lokasinya yang terbentang dengan Pulau Nusakambangan ini memiliki fasilitas yang memadai terutama tempat makan. Restoran seafood disini cocok untuk mengisi perut anda yang keroncongan karena memiliki menu-menu yang lezat seperti ikan bakar, cumi-cumi dan masih banyak lagi. Dan kalau anda mau membeli oleh-oleh di sekitar pantai juga sangat mudah. Banyak warung-warung yang menjual pernak pernik khas cilacap seperti kaos, bandol kunci, dan lainnya.

pantai-teluk-penyu-cilacap-jawa-tengah

  • Pulau Nusakambangan. Meskipun cukup dikenal sebagai tempat narapidana dengan kasus besar, anda bisa menikmati indahnya pulau ini dengan kapal nelayan yang disewakan di pesisir Pantai Teluk Penyu. Keindahan alam yang bisa anda saksikan disini berupa hutan cagar alam, hutan belantara, keindahan batu karang,benteng, gua, serta pantai.

pulau-nusakambangan-cilacap

  • Karimunjawa. Merupakan salah satu kepulauan yang terletak di wilayah Jepara yang keindahan alam dan lautnya sangat mempesona dan menarik untuk dikunjungi. Karimunjawa berlokasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan yang berada di bagian pesisir pantai utara Pulau Jawa ini telah ditetapkan menjadi Taman Nasional dengan hamparan air laut  yang jernih berwarna hijau kebiruan, kekayaan terumbu karang dan pasir putih yang akan memanjakan mata Anda. Menikmati deburan ombak air laut yang jernih, angin sepoi-sepoi dan suasana yang masih asri dan alami.

karimun-jawa

Jawa Tengah juga banyak memiliki Obyek Wisata yang kental dengan Budaya dan Sejarah, Misalnya Candi Borobudur, Museum Kereta Api Ambarawa, Keraton Solo, Lawang Sewu dan Candi Prambanan.

candi-borobudur-jawa-tengah
Candi Borobudur
museum-kereta-api-ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa
keraton-solo
Keraton Solo
lawang-sewu
Lawang Sewu
prambanan-temples
Candi Prambanan

Itulah daftar obyek wisata yang recomended buat kalian kunjungi jika berlibur di Jawa Tengah.

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @visitjawatengah (www.twitter.com/visitjawatengah)

 

Related posts

One Thought to “Eksplorasi Pesona Wisata Provinsi Jawa Tengah

  1. Pesona Jawa Tengah luar biasa. Di Kabupaten Purbalingga, kampung halaman saya, pesonanya juga luar biasa

Leave a Comment