Harga Laptop Vs Notebook, Beli yang Mana?

Harga Laptop Vs Notebook, Beli yang Mana?

Sejalan dengan perkembangan teknologi, banyak hal-hal menarik yang bisa dijumpai di pasaran. Diantaranya adalah produk gadget yang membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Sebut saja komputer, perangkat yang satu ini memiliki fungsi yang sangat banyak untuk membantu pekerjaan Anda, mulai dari mengetik sebuah file, mengedit dan membuat gambar dan juga membantu dalam proses pekerjaan kantor. Dulunya ia diciptakan dalam ukuran besar disertai berbagai jenis komponen pendukungnya. Sekarang bisa digunakan dalam bentuk yang lebih praktis yaitu laptop. Bahkan jika dilihat harga laptop sendiri tergolong sangat terjangkau dibandingkan dengan PC.

Perangkat yang memungkinkan Anda untuk membawanya kemanapun tanpa ketergantungan pada sumber listrik langsung. Tak hanya itu, bagian terbaiknya sekarang adalah banyak jenis pekerjaan yang  bisa dilakukan dengan mengandalkan laptop tanpa harus kekantor. Tentunya tak lepas dari fasilitas internet yang ada didalamnya. Melihat di pasaran sendiri sebenarnya bukan hal yang sulit untuk bisa dapatkan perangkat laptop yang satu ini, berbagai vendor bisa dengan mudah Anda jumpai, baik yang berasal dari produsen dalam negeri maupun luar negeri.

Tak hanya digunakan untuk menunjang pekerjaan, ia juga sangat bermanfaat bagianak-anak, khususnya pada pendidikan sekarang ini segala jenis tugas memang harus dikumpulkan dalam bentuk ketikan yang rapi. Tentunya anak-anak juga harus memilikinya. Anda mungkin juga bisa memilih notebook khusus untuk penggunaan bagi buah hati. Harga laptop dengan notebook ini sebenarnya tak jauh berbeda, namun alangkah baiknya Anda juga tau apa saja kelebihan dan kelemahan masing-masing produk tersebut, berikut ini diantaranya:

  1. Dari segi ukuran laptop memang memiliki tampilan yang lebar, namun juga tak menjamin bahwa bobotnya akan lebih berat. Mengingat beberapa jenis produk sengaja diciptakan cukup tipis dan ramping, sehingga ringan digunakan. Sehingga khusus untuk notebook sendiri, ia memang dinamakan sebagai notebook karena ukurannya yang sama dengan buku catatan, kecil dan memungkinkan pengguna lebih mudah membawanya kemana-mana apalagi sangat ringan bagi buah hati.
  2. Harga untuk notebook lebih murah, khusus produk teknologi yang satu ini karena ukuran atau displaynya kecil, tak memungkiri bahwa Anda juga bisa mendapatkannya di pasaran dengan tawaran harga yang lebih terjangkau. Biasanya perbandingan hingga jutaan rupiah dari laptop, bahkan untuk satu merk sekalipun.
  3. Notebook tak dilengkapi dengan DVD room, satu hal paling mencolok yang bisa Anda ketahui dari perangkat ini adalah ia tak dilengkapi dengan keberadaan DVD room seperti yang ada pada laptop. Biasanya ada pada bagian samping kanan ataupun kiri, fungsinya sudah jelas untuk kebutuhan akses data dari sebuah DVD. Hal ini jugalah yang membuat ukuran dari laptop lebih besar.
  4. Ketahanan baterai, dalam penggunaannya mungkin Anda sendiri tak asing bahwa daya tahan dari baterai laptop hanya berkisar 3 jam saja, sedangkan agak berbeda untuk notebook, karena ukurannya yang lebih kecil, penggunaan baterainya juga bisa lebih hemat, mulai dari 5 hingga 7 jam, bahkan ada beberapa vendor yang penggunaan baterainya jauh lebih lama lagi.

Sudah lihat nilai lebih dan kurangnya masing-masing maka Anda bisa memutuskan untuk beli yang mana. Semuanya tetap menyesuaikan pada kebutuhan juga. Harga laptop memang lebih mahal, namun setidaknya Anda juga dapatkan keuntungan lebih. Sama halnya ketika membeli notebook yang memang murah, hanya saja dengan beberapa kelemahan.

Related posts

Leave a Comment