Industri Mode Indonesia Siap Bersaing di Pasar Global!

Tahun 2018 dapat dikatakan sebagai tahun yang membanggakan bagi industri mode di Indonesia. Terdapat banyak pembuktian bagi beberapa brand lokal yang berhasil mengharumkan nama tanah air di negeri asing. Sebut saja 4 desainer Indonesia yang tampil di peragaan terbesar di Seoul dan Tokyo beberapa waktu lalu sebagai salah satu contohnya.

Terkait hal tersebut, menteri pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa Indonesia harus dapat menciptakan produk dengan standar global sehingga dapat menembus pasar dunia. Menurutnya, salah satu produk Indonesia yang diyakini dapat menembus pasar global saat ini adalah industri fashion.

Arief juga berpendapat bahwa industri fashion dalam negeri terus mengalami perkembangan dengan semakin beragamnya model serta motif hasil penggabungan budaya dengan tren modern saat ini.

Hal ini juga menarik perhatian Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Menurutnya fashion merupakan subsector terbesar di bidang ekonomi kreatif saat ini, bahkan tercatat mampu menyumbang 31 persen penghasilan di sektor ini. Untuk itu, penyelenggara negara Indonesia mencanangkan Indonesia menjadi salah satu pusat fesyen dunia pada tahun 2015.

Pasalnya, pada tahun 2013 lalu, tercatat industri fesyen dapat memberikan kontribusi hingga IDR 181 triliun dari total 15 sektor ekonomi kreatif yang mencapai IDR 642 triliun. Menariknya lagi, industri fashion ikut andil 2 persen dalam memberi total sumbangan 7 persen dari industri kreatif. Pertumbuhan industri fesyen ini juga terbilang cukup tinggi, yaitu mencapai 6,4 persen yang lebih tinggi dari pertumbuhan nasional 5,7 persen.

Selain memberi kontribusi positif pada ekonomi Indonesia, industri fashion juga ikut andil dalam memberi 3,8 juta lapangan pekerjaan dari jumlah total 11,9 juta tenaga kerja di industri kreatif.

Baca Juga : Desain Kemeja Lengan Panjang Yang Cocok Untuk Dikenakan Pada Saat Bekerja

Sampai saat ini, ada lima negara utama tujuan ekspor produk fesyen Indonesia, yaitu

Baca Juga  Anda Butuh Rumah Minimalis Murah? Hubungi Jasa Kami Aja

Amerika Serikat dengan nilai ekspor USD 2,98 miliar dengan pangsa pasar 35,23%, Jepang sebesar USD 530 juta (6,26%), Afrika Selatan sebesar USD 526 juta (6,22%), Jerman sebesar USD 501 juta (5,92%), dan Uni Emirat Arab sebesar USD 416 juta (4,91%).

Fashion merupakan salah satu industri penting yang memberikan sumbangan signifikan bagi perekonomian global. Menurut laporan Euromonitor International, pasar pakaian dan sepatu mencapai nilai 1,7 triliun dollar AS pada tahun 2014, dan diperkirakan akan tumbuh hingga 2,2 triliun dolar AS pada 2019. Itu sebabnya, tak heran jika sektor ini diincar banyak negara yang ingin menjadi pemain utama di dalamnya. Munculnya keinginan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fesyen dunia juga lahir dalam konteks itu.

Meski begitu, masih ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan pemerintah dalam memperluas ruang lingkup industri fashion secara global. Hal pertama adalah kurang jelasnya batasan dan ruang lingkup industri fesyen yang disampaikan oleh Badan Ekonomi Kreatif. Tentu saja kejelasan ini sangatlah penting, mengingat industri fashion memiliki cakupan yang sangat luas seperti busana jenis ready to wear, couture, atau fokus pada item seperti sepatu pria dan sepatu wanita berkualitas. Tanpa kejelasan tersebut, rasanya sulit untuk Badan Ekonomi Kreatif membuat perencanaan yang tepat dalam mewujudkan keinginan go internasional.

Terlepas dari itu, tolok ukur dalam penilaian kemampuan bersaing desainer Indonesia di kancah global juga masih kurang jelas. Jika dilihat dari kesuksesan desainer Eropa, perlu diingat bahwa desainer suskes adalah seniman yang mampu menyeimbangkan aspek kreativitas, komersial, dan teknologi.

Seiring berjalannya waktu, industri mode di Indonesia terus melangkah lebih maju ke arah yang  positif. Oleh sebab itu, tak menutup kemungkinan untuk karya fesyen Indonesia dapat melebarkan sayap di negeri asing. Meski begitu, masih ada begitu banyak hal yang perlu pemerintah perhatikan guna mewujudkan keinginan untuk menembus pasar global.

Baca Juga  Waktunya Memuaskan Selera Makan Saat Berlibur ke Pulau Madura

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.