Ingin Berbisnis Kuliner Murah? Yuk Coba Bisnis Food Truck!

Bisnis kuliner menjadi bisnis terfavorit di Indonesia untuk saat ini. Bahkan, bisnis kuliner dianggap sebagai bisnis dengan saingan terberat. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang mulai berminat untuk melakukan bisnis kuliner. Selain memiliki peluang yang besar, ternyata bisnis kuliner banyak diminati karena kemudahan mengelolanya dibandingkan bisnis lainnya. Namun, jika ingin bisnis kuliner Anda berkembang dan berhasil, Anda tentu harus memiliki inovasi yang menarik dan unik. Untuk memulai bisnis kuliner yang unik dan menarik, biasanya dibutuhkan modal yang cukup banyak. Tapi, jika Anda ingin punya bisnis kuliner yang unik dengan konsep yang menarik, cobalah bisnis food truck yang satu ini.

Food truck merupakan bisnis kuliner yang memang lagi menjadi trend saat ini. Bahkan, bisnis ini sangat digemari para anak muda. Konsepnya yang unik dan kekinian memang menjadi daya tarik tersendiri dari bisnis food truck. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis kuliner dengan modal yang murah, tapi tetap kreativ dan unik, food truck menjadi solusi yang tepat sekali. Meskipun dimulai dengan modal yang minim, food truck ternyata bisa memberikan omset jutaan rupiah setiap harinya. Bahkan, jika ada event terentu, Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Menarik sekali bukan?

Keuntungan Bisnis Food Truck

  1. Modal Ringan

 Setiap bisnis tentu memiliki keuntungan tersendiri, termasuk bisnis food truck. Dibandingkan bisnis kuliner restaurant atau café, kuliner dengan model food truck tentu memiliki keuntungan lebih pada modal. Pasalnya, dalam berbisnis food truck, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa atau membeli lahan. Modal yang dibutuhkan hanyalah truck atau pickup, meja, kursi, sedikit dekorasi, alat dapur, alat makan, dan juga biaya genset. Untuk mulai bisnis food truck, Anda bisa siapkan modal kurang lebih Rp. 100.000.000 saja. Jika masih belum mencukupi, Anda bisa melakukan pinjaman tanpa agunan dan kartu kredit, sehingga bisnis bisa tetap berjalan.

  1. Konsumen Berlimpah
Baca Juga  Apartemen Dijual Di Depok Cicilan Murah Per Tahun

 Selain modal yang cukup ringan, food truck ternyata member keuntungan lain terhadap jumlah pelanggan. Dibandingkan dengan bisnis kuliner yang menetap, dengan food truck Anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen. Food truck yang menggunakan pickup atau mobil van sebagai wadah penjualan bisa menggapai lebih banyak pelanggan di berbagai daerah. Bahkan, pelanggan di tempat-tempat kecil yang sulit terjangkau pun bisa Anda raih. Dengan begitu, dimana ada tempat yang menurut Anda sedang ramai pelanggan, Anda bisa langsung berjualan disana.

  1. Lebih Sedikit Saingan

 Hal lainnya yang bisa Anda dapatkan juga dari bisnis food truck adalah kemudahan dalam mengembangkannya. Tidak seperti bisnis kuliner lainnya, food truck memiliki konsep yang berbeda dan unik, sehingga banyak menarik para pelanggan. Meskipun konsep food truck sudah sangat populer di luar negeri, untuk di Indonesia sendiri bisnis ini masih bisa dibilang jarang digeluti. Dengan begitu, Anda bisa kembangkan bisnis food truck dengan berbagai inovasi baru. Target dari bisnis ini adalah para kaum muda, jadi pastikan tamba beberapa hal yang kekinian agar target penjualan semakin tercapai.

Persiapan Bisnis Food Truck

Melihat keuntungan yang didapat dari bisnis food truck, Anda pasti tergiur untuk segera melakukannya, bukan? Jika Anda sangat berminat dengan bisnis yang satu ini, kami berikan beberapa tips untuk memulai usaha food truck. Berikut ulasannya.

  1. Siapkan Modal

Untuk memulai bisnis food truck, sebenarnya modal yang dibutuhkan bergantung dengan konsep bisnis yang diinginkan. Food truck pada dasarnya bisa mengeluarkan modal banyak layaknya bisnis café atau restaurant jika Anda menginginkan food truck dengan konsep yang mewah. Pembelian pick up baru, modifikasi truck yang mewah, dan dekorasi dengan menggunakan barang mahal bisa membuat modal melonjak tinggi. Namun, food truck dengan konsep tersebut memang terlihat lebih menarik. Jadi, Anda butuh modal lebih jika ingin benar-benar mengkreasikan truck Anda. Untuk modal, saat ini banyak tempat pinjam uang selain bank yang bisa dimanfaatkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika kekurangan modal.

  1. Pikirkan Menu
Baca Juga  Ajak Pasangan Berlibur ke 4 Tempat Wisata Romantis di Malang Ini

Menu selalu menjadi hal terpenting dalam berbisnis kuliner. Menu yang biasa saja cenderung membuat pelanggan bosan yang berkibat terhadap kekurangan pelaggan. Untuk itu, buatlah menu yang unik dan disukai banyak orang. Pada umumnya, food truck biasa menjual nacos, burger, hotdog, mie, milkshake, martabak, kebab, dan menu ringan lainnya. Menu-menu tersebut tetap bisa disajikan namun dengan konsep berbeda. Anda bisa sajikan dengan pilihan topping seperti keju, aneka saos, dan lainnya.

  1. Urus Segala Hal Tentang Perizinan

Agar bisnis berjalan lancar, mengurus surat perizinan menjadi hal yang penting. Anda bisa mulai dengan mengurus surat parkir, izin dagang, dan hal lainnya kelembaga setempat. Cobalah untuk mencari informasi lengkap melalui lama resmi daerah yang ingin dijaidikan usaha food truck.

  1. Gencar dalam kegiatan pemasaran

Jika ingin banyak pelanggan, Anda haruslah gencar dalam melakukan promosi. Lakukanlah segala promosi mulai dari sosial media hingga promosi langsung. Sosial media menjadi wadah yang tepat bagi kegiatan promos, terlebih mempromosikan kuliner food truck. Para kaum muda yang menjadi target utama pemasaran umumnya lebih mudah mendapatkan informasi melalui internet dan sosial media. Untuk itu, manfaatkanlah hal tersebut agar informasi tentang bisnis kamu bisa sampa ke target.

  1. Perbanyak Kerjasama

Bisnis yang berhasil dan berkembang tentu terbangun karena adanya banyak kerjasama. Untuk bisnis food truck, perbanyaklah kerjasama dengan event organizer. Pasalnya, dengan berjualan saat event spesial bisa membuat Anda mendapatkan lebih banyak penghasilan, bahkan hingga 2-3 kali lipatnya. Dengan menjadi partner resmi, nantinya Anda akan terus diberitahu atau diundang saat ada event tertentu.

  1. Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis sangatlah penting agar memudahkan bisnis Anda berkembang dan maju. Mulailah untuk menjabarkan setiap pemasukan dan pengeluaran anggaran. Menuliskan setiap keutungan serta kerugian tiap harinya juga sangat diperlukan agar keuangan tetap terkelola dengan baik. Dalam rencana bisnis, Anda juga bisa menuliskan apa saja pencapai selama ini dan rencana apa yang ingin dicapai selanjutnya. Dengan begitu, progress dari usaha Anda bisa dengan mudah terlihat. Hal ini juga akan memudahkan Anda untuk mencapai target penjualan.

Baca Juga  Ingin Mulai Bisnis Tanpa Keluar Uang Banyak? Ini Dia Caranya!

Nah, itulah beberapa keuntungan serta cara memulai bisnis food truck pertama kalinya. Bagi Anda yang ingin meminimalisir pengeluaran modal, mungkin Anda bisa coba dengan membeli pick up atau mobil bekas yang masih layak digunakan. Selain itu, lakukanlah dekorasi dan modifikasi yang simpel namun unik dan kreativ. Anda juga bisa manfaatkan beberapa barang bekas yang ada di rumah untuk dekorasi. Namun, jika Anda ingin benar-benar semuanya baru, siapkan konsep apa yang ingin diaplikasikan ke dalam bisnis food truck Anda. Bagaimanapun konsepnya, hal terpenting yang harus diperhatikan dalam berbisini adalah niat, tekad, dan komitmen yang kuat. Jika ketiganya hilang, maka bisnis apapun yang dijalankan tidak akan bisa maju dan berujung kebangkrutan.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *