Ingin Mulai Bisnis Tanpa Keluar Uang Banyak? Ini Dia Caranya!

Bisnis memang menjadi salah satu jalan yang sering dilakukan banyak orang yang ingin menambah penghasilan sehari-harinya. Selain itu, banyaknya bisnis di Indonesia yang semakin berpeluang dan berkembang dengan pesat juga menjadi faktor orang beralih menjadi pebisnis. Di Indonesia sendiri, untuk mempunyai bisnis sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan, bagi mereka yang tak memiliki banyak modal, saat ini telah tersedia sistem pelayanan kredit online yang sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Namun, urusan berbisnis tentu tidak selalu tentang modal saja. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar bisnis berjalan dengan lancar. Hal-hal lainnya sepert konsep bisnis, lokasi penjualan, sistem keuangan, dan lain-lain juga sangat penting untuk diperhatikan. Bagi para pemula, menjalani bisnis mungkin terkesan berat di awal. Namun, selama ada tekad dan komitmen yang kuat, bisnis Anda tentu bisa dengan mudah dijalani dan berkembang pesat. Penasaran dengan bagaiman cara memulai bisnis dari awal? Simak ulasannya berikut ini,

Langkah Awal Berbisnis Bagi Pemula Tanpa Modal Banyak

  1. Pilih Bisnis Yang Cocok

Berbicara tentang bisnis, di Indonesia terdapat berbagai macam bisnis yang bisa Anda pilih. Ada bisnis kuliner, bisnis property, bisnis fashion, bisnis jasa, dan lain-lainnya. Untuk saat ini, bisnis fashion dan kuliner menjadi dua bisnis utama yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Pasalnya, kedua bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar di Indonesia.

Jika ingin menjalani bisnis yang kekinian, Anda mungkin bisa coba bisnis kuliner. Selain tidak terlalu membutuhkan modal banyak, bisnis kuliner juga bisa dilakukan siapa saja. Cobalah dengan berjualan bisnis kuliner kecil-kecilan terlebih dahulu. Namun, jika Anda tidak berminat di bisnis kuliner, mungkin Anda bisa untuk mencoba bisnis fashion. Saat ini, bisnis fashion grosiran menjadi bisnis yang memiliki peluang yang cukup besar.

  1. Persiapkan Modal
Baca Juga  Faktor Psikologi Posisi Duduk saat Rapat

Ingin berbisnis tentu perlu modal, bukan? Modal memang menjadi poin terpenting yang harus dipersiapkan sematang mungkin. Tanpa siapnya modal tentu bisnis Anda akan sulit untuk berjalan. Modal setiap bisnis pada umumnya berbeda. Semuanya tergantung pada Anda apakah ingin memulai bisnis yang besar atau kecil? Bagi para pemula sebaiknya cobalah bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu.

Karena bisnis kuliner menjadi bisnis yang sangat kekinian, Anda mungkin bisa coba dengan berjualan makanan yang kekinian. Jika tidak ingin repot, cobalah untuk mencoba bisnis franchise. Selain mudah, bisnis dengan model franchise tentunya tidak memerlukan modal yang banyak. Bisnis kuliner model franchise atau waralaba biasanya membutuhkan dana mulai dari Rp. 2.000.000 – Rp. 10.000.000. Namun, beberapa franchise terkenal sepert Kebab BabaRafi biasanya bisa mencapai lebih dari itu.

Jika dengan modal tersebut Anda masih kesulitan, jangan dulu putus asa! Sekarang, untuk modal bisnis bisa Anda dapatkan dari beberapa pelayanan kredit atau pinjaman online seperti Vivus. Bahkan, tak jarang beberapa pelayanan menawarkan sistem kredit tanpa jaminan. Dengan begitu Anda akan sangat termudahkan sekali dalam penyiapan modal dan kelangsungan berbisnis.

  1. Tempat Bisnis

Beberapa model bisnis tentu memerlukan lokasi untuk tempat berjualan, namun ternyata ada juga bisnis yang tidak terlalu memerlukan lokasi berjualan. Untuk bisnis kuliner, tentu Anda membutuhkan lokasi berjualan, terlebih jika bisnis makanan termasuk jenis makanan siap saji. Untuk jenis makanan kering, mungkin Anda bisa menjualnya secara online atau menitipkan di warung-warung.

Untuk lokasi bisnis, letak lokasi yang strategis tentu menjadi pertimbangan tersendiri. Agar bisnis Anda laris, tentu diperlukan lokasi yang sering dilalui banyak orang. Lokasi yang strategis memang bisa menjadi salah satu faktor pendukung sebuah bisnis, namun Anda perlu modal yang cukup besar guna menyewa atau membeli tempat tersebut. Jadi, pikirkan kembali apakah bisnis Anda benar-benar butuh lokasi yang strategis atau tidak.

Baca Juga  Arti Sebuah Hijab Bagi Perempuan Muslim

Jika bisnis sangat membutuhkan lokasi strategis, maka tentukanlah dulu siapa yang akan jadi target utama bisnis Anda. Untuk target bisnis wanita atau pria dewasa, mungkin Anda bisa mencari lokasi di dekat komplek, perumahan, atau perkantoran. Namun, jika targetnya remaja atau mahasiswa, maka carilah tempat disekitar kampus dan sekolah.

  1. Promosi Unik

Tidak punya cukup modal untuk menyewa atau membeli tempat strategis? Jangan dulu khawatir! Ada banyak cara untuk menarik pelanggan selain dengan menyewa tempat dagang yang strategis, salah satunya yaitu dengan promosi yang unik. Untuk menarik para pembeli, tentu Anda perlu sebuah promosi, terlebih jika produk yang Anda jual merupakan produk baru.

Promosi nantinya bertujuan agar produk Anda diketahui oleh para pembeli. Dalam melakukan promosi, Anda harus tau pasti siapa target utama yang akan menjadi konsumen Anda. Apakah itu remaja, mahasiswa, wanita / pria dewasa, atau lansia? Sebenarnya promosi bisa dilakukan ke siapapun, tapi akan lebih baik jika lebih banyak dipromosikan ke target utama.

Agar terlihat menarik, cobalah lakukan promosi yang unik. Misalnya, jika target utama Anda remaja dan mahasiswa, maka lakukan giveaway melalui media sosial. Anda bisa memberikan hadiah produk secara cuma-Cuma kepada pelanggan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Pastikan untuk membuat syarat dan ketentuan yang menguntungkan bisnis Anda.

  1. Kontrol Sistem Keuangan

Sistem keuangan menjadi hal yang penting dalam berbisnis. Bahkan, beberapa pebisnis professional banyak yang menyarankan untuk mempekerjakan ahli keuangan atau akuntan untuk mengelola sistem keuangan. Namun, merekrut akuntan tentu perlu modal lebih, bukan? Nah, bagi Anda yang ingin berhemat mungkin Anda bisa coba mengaturnya sendiri.

Cara paling mudah untuk mengatur sistem keuangan bisnis agar tetap terkontrol adalah dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan bisnis berapapun nominalnya. Catat segala uang yang masuk dan keluar termasuk untuk pembelian bahan baku yang murah sekalipun. Hitunglah setiap hari berapa pemasukan dan pengeluaran yang dihasilkan. Agar uang tetap terkontrol, sebaiknya hindari mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi Anda.

Baca Juga  Eksplorasi Pesona Wisata Provinsi Jawa Tengah

Beberapa orang yang sering mencampur urusan keuangan bisnis dengan pribadi sering sekali berakibat fatal terhadap bisnisnya. Bahkan, tak jarang urusan bisnis malah menjadi kacau dan bangkrut karena uang hasil bisnis sering terpakai untuk urusan pribadi. Jika tidak ingin hal ini terjadi, pastikan Anda mengontrol keluar masuknya uang dengan baik. Pelajari juga bagaimana dasar-dasar mengelola keuangan dalam bisnis yang tepat.

Nah, itulah kelima langkah untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Sekarang, siapapun bisa dengan mudah memulai bisnis meskipun tidak mempunyai cukup modal. Dengan adanya sistem pinjaman online dan kemajuan teknologi internet, segala sesuatu termasuk berbisnis bisa dengan mudah untuk dilakukan. Jadi, bagi Anda yang ingin mulai berbisnis, Anda bisa coba terapkan lima langkah tersebut.

 Menjalani bisnis akan lebih mudah dan bisa berhasil jika Anda memiliki komitmen dan tekad yang kuat. Pasalnya, tanpa kedua hal tersebut, bisnis bisa saja terhenti ditengah jalan karena rasa bosan atau lelah berbisnis yang tiba-tiba muncul. Jadi, tunggu apalagi? Segera berbisnis dan tambah penghasilan Anda sehari-hari!

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.