Instalasi Proxmox Virtual Environment

Proxmox Virtual Environment

Proxmox VE (virtual environment) adalah distro Linux berbasis Debian (x86_64) yang dikhususkan sebagai distro virtualisasi. Proxmox secara default menyertakan OpenVZ dan KVM dan disediakan dalam modus teks (console mode). Proses administrasi dan pengelolaan mesin-mesin virtual di Proxmox dilakukan menggunakan akses web.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait Proxmox :

Proxmox disediakan hanya untuk mesin x86_64 sehingga tidak bisa digunakan untuk mesin 32 bit.
Pada saat instalasi, Proxmox diinstalasikan langsung dari CD dan akan menghapus seluruh isi harddisk sehingga jika ingin sekedar mencoba Proxmox, gunakan harddisk kosong atau jalankan pada mesin Virtual juga

Jika ingin menggunakan KVM, Proxmox membutuhkan motherboard/CPU yang mendukung teknologi virtualisasi yaitu Intel VT/AMD-V. Intel VT/AMD-V ini bisa dicheck via BIOS. Sebagian besar server branded sudah menyertakannya. Untuk motherboard Gigabyte yang saya gunakan di komputer training, Intel VT bisa ditemukan di motherboard dengan seri T (GA-G41 MT atau GA-G41T)
INSTALASI

Download Proxmox VE : http://www.proxmox.com/downloads/proxmox
Burning kedalam CD menggunakan CD burner
Boot komputer menggunakan CD Proxmox yang sudah diburn
Pada langkah pertama tekan ENTER

proxmox1

Pada langkah berikutnya pilih I Agree pada tulisan lisensi. Proxmox dirilis dalam lisensi GPL sehingga bisa secara bebas dipergunakan.

Tentukan harddisk untuk virtual. Proxmox akan secara otomatis membuat partisi sesuai keperluan. Partisi terbesar akan digunakan untuk menyimpan image virtual . Kalau harddisk hanya 1, Proxmox akan secara otomatis memilihnya.
proxmox3

Langkah berikutnya pilih regional option dan setting password root
Setting IP address untuk Proxmox Host dan kemudian klik tombol Next untuk mulai melakukan instalasi

proxmox6

Setelah instalasi selesai, lakukan proses restart dan boot sistem tanpa menggunakan CD. Proxmox akan secara otomatis menampilkan prompt konsole. Manajemen proxmox selanjutnya dilakukan menggunakan browser

proxmox7

proxmox8

proxmox9

proxmox10

 

Related posts

2 Thoughts to “Instalasi Proxmox Virtual Environment

Leave a Comment