Install ARD (Aplikasi Rapor Digital) Madrasah di Hosting

Kali ini kita akan bahas mengenai Install ARD (Aplikasi Rapor Digital) Madrasah di Hosting. Biasanya ARD diinstall pada PC OS Windows dengan menggunakan Virtual Box. Dengan menggunakan pc, maka pc kita harus nyala terus 24jam. Itu sangat tidak efisien.

Karena jika pc nyala terus menerus maka akan boros listrik, pc cepat rusak karena over juga. Untuk mengantisipasi hal seperti itu, lebih baik kita sewa hosting dan kita install aplikasi ARD tersebut di hosting.

Hal – hal yang perlu disiapkan

  • Hosting
  • Domain (bisa pakai subdomain jika anda sudah mempunyai nama domain sendiri)
  • File ARD
  • Database ARD

Untuk Hosting dan Domain bisa kalian sewa dan beli di https://idhostnetwork.com/, karena hosting di IDHostNetwork murah, cepat dan support untuk aplikasi ARD Online.

Untuk File ARD dan Database ARD bisa di download di Link dibawah ini :

File ARD

Database ARD

Untuk Proses Installasi dimulai dari :

Buka CPanel di hosting yang sudah disewa masukan username dan password dan klik Login. Buka menu Domain lalu pilih SubDomain input data sub domain dengan nama ard dan dokumen root juga diisi nama ard.

Akan muncul keterangan Success, lalu klik Go Back. Cek kembali apakah sudah muncul nama sub domain yang sudah dibuat. Kemudian klik link sub domain tersebut dibawah Dokumen Root menuju ke File Manager. Hapus dan kosongkan isi folder tersebut. Lalu klik tombol Upload pilih Select File lalu cari dan pilih datawebard.zip yang sudah kita siapkan di folder awal lalu klik Open dan tunggu sampai proses Upload selesai 100%. Kemudian klik Go Back lalu ekstract datawebard.zip tersebut dengan cara klik kanan dan ekstract setelah selesai klik Close. Hapus datawebard.zip yang sudah di ekstract karena sudah tidak dibutuhkan lagi.

Baca Juga  Tutorial Membuat Website Secara Mudah Untuk Pemula

Selanjutnya buka MySQL@database di CPanel, lalu buat database dengan nama yang sama. Lalu tambahkan User dengan mengisi kolom Add New User dengan nama user dan password yang diinginkan lalu klik CreateUser. Setelah berhasil klik Go Back. Kemudian tambahkan user dengan klik Add di menu Add User To Database lalu centang All Privilages lalu klik Make Changes, setelah berhasil klik kembali Go Back. Jangan lupa simpan nama user, database dan password.

Selanjutnya kembali lagi ke CPanel dan buka phpMyAdmin. Pilih database yang sudah dibuat lalu pilih Import dan Pilih File cari database yang sudah kita siapkan di folder awal, pilih database klik open lalu klik kirim tunggu hingga proses upload selesai. Setelah selesai buka kembali phpMyAdmin di folder ard double klik folder aplication double klik config lalu cari file database.php klik kanan dan pilih edit lalu edit username, password dan database

Selanjutnya kembali ke Cpanel. dikolom search ketik “php” lalu klik select php version lalu pilih versi php 7.2

Jika anda bingung, bisa langsung sewa saja di IDHostNetwork dan minta tolong ke adminnya agar diinstallkan sekalian, jadi anda tinggal pakai langsung.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.