Jual Beli Rumah Apakah Bisa Membuat Anda Kaya? Ini Fakta dan Tipsnya

Bisnis jual beli rumah atau investasi dalam bentuk rumah adalah hal yang pasti dan banyak di gemari oleh para pekerja bisnis saat ini, selain dari kestabilan harga yang pasti. dan apabila Anda sudah bosan bekerja tetapi penghasilannya tetap tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari hari Anda dan keluarga, kenapa tidak mencoba untuk investasi di bidang jual beli rumah saja?

Apabila Anda ragu karena merasa tidak mempunyai pengalaman yang cukup untuk menjadi seorang agen jual beli rumah Anda tidak perlu khawatir karena investasi atau jual beli rumah selalu ada kenaikan dan nilainya yang akan terus naik pertahunya. Selain itu jual beli rumah juga merupakan kebutuhan primer yang banyak orang jadikan untuk investasi mereka. Dan hal ini tidak lah sesulit yang Anda bayangkan.

Untuk jual beli rumah resiko nya agak kecil sebuelum Anda tau dan melanjutkan bisnis jual beli rumah ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  1. Anda harus dapat mencari dimana pasar jual beli rumah yang sedang marak dan Anda juga harus mengetahui keadaan pasar jual beli rumah dari sudut pandang pembeli, misalnya apa saja yang mereka cari, pasaran budget yang mereka miliki dan lain lain.
  2. Mencari informasi tentang jual beli rumah secara detail , misalnya lokasi yang selalu di sukai oleh para pencari rumah, harga yang reasonable yang biasanya di cari oleh mereka sampai ke kapan orang orang akan mencari atau menjual dan membeli rumah.

Anda harus dapat mengerti waktu atau timing para pembeli kapan mereka akan ramai ramai mencari rumah. Misalnya setelah mendapatkan THR atau setelah suku bunga suatu valuta asing sedang naik. Apa saja yang mendasari itu semua seharusnya Anda memahami hal tersebut untuk mengusai pasar.

  1. Anda juga harus rajin rajin mendatangi acara property untuk mengetahui perumahan apa saja yang sedang di bangun dan di jual. Selain itu Anda harus dapat menilai detail material rumah yang akan Anda jual, kapan rencana pembangunan fasilitas yang akan menunjang harga rumah tersebut agar lebih tinggi dan lain lain.
  2. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan agen agen property atau perumahan yang ada yang sudah pasti bisa membantu Anda untuk transaksi jual beli rumah yang Anda miliki dan mereka biasanya lebih mengerti tentang perkembangan jual beli rumah dan naik turunnya harga pada area area tertentu.
Baca Juga  Memilih Popok Bayi yang Aman Untuk Sang Buah Hati

Jadi bukannya hanya asal asalan saja untuk menjadi seorang agen jual beli rumah, banyak hal yang harus di gali dan di cari informasi nya agar Anda menguasai bisnis ini dan dapat sukses dalam menjual beli rumah. Untuk menjadi seorang agen jual beli rumah hal hal yang Anda perhatikan selain mencari rumah yang di jual adalah :

  1. Kelebihan dan kekurang rumah yang di jual

Anda harus dapat mengetahui apa kekurangan dan kelebihan rumah yang ingin Anda jual atau Anda beli, karena ini adalah nilai plus yang dapat Anda berikan kepada calon customer Anda apabila kelebihannya lebih banyak dari kekurangannya. Misalnya rangka rumah tersebut, kondisi air dan listrik, apakah termasuk daerah banjir atau bebas banjir, daerah macet atau ada jalan alternative selain melewati kemacetan untuk menuju ke rumah tersebut.

Apa saja fasilitas yang dapat di berikan oleh perumahan di tempat Anda membeli rumah tersebut dan hal hal lainnya yang dapat Anda promosikan dan Anda jual kepada calon customer Anda nantinya. Dan apabila ada kekurangan kekurangan yang terdapat pada rumah tersebut Anda dapat menaikkan harga rumah tersebut dengan melakukan beberapa renovasi yang akan mempercantik rumah tersebut sehingga harganya dapat jauh lebih tinggi dari harga yang Anda beli. Menguntungkan untuk Anda dan calon pembeli Anda juga.

  1. Melakukan survey untuk harga rumah lain di kawasan sekitar rumah yang Anda miliki

Agar Anda bisa menentukan harga rumah yang akan di jual Anda harus melakukan beberapa survey di lingkungan tersebut dan kawasan persekitaran rumah yang Anda miliki, dan yang penting untuk Anda ketahui adalah informasi tentang Nilai jual objek pajak atau NJOP yang biasanya tertera di PBB yang di bayarkan setiap tahunnya.

Baca Juga  Berita Politik Nasional dan Efeknya Terhadap Ekonomi Negara

Jadi nilai di NJOP biasanya hanya mencantumkan nilai minimum penjualannya saja jadi biasanya banyak orang yang menjual rumah yang mereka miliki dengan harga dua sampai tiga kali lipat dari nilai minimum NJOP tersebut.

  1. Anda juga dapat menghubungi agen property apabila Anda ingin rumah yang Anda miliki lebih cepat terjual. Dengan bantuan agen property mereka sudah mempunyai pelanggan tetap dan sudah memegang pangsa pasar untuk daerah tertentu. Apabila Anda dapat menemukan agen yang bagus jadi Anda bisa mendapatkan broker perumahan yang dapat membantu Anda untuk menentukan nilai jual rumah yang Anda miliki.

Selain itu mereka juga bisa membantu Anda untuk memasarkan dan mengiklan kan rumah yang Anda miliki tetapi Anda juga harus bisa memberikan mereka komisi apabila rumah yang Anda miliki terjual atas jasa mereka, karena pada umumnya mereka punya persenan komisi untuk rumah rumah yang mereka jual yang biasanya senilai 2.5 % dari harga jual rumah. Jadi sangat di sarankan untuk tidak melakukan nego untuk persenan harga tersbut karena itu berpengaruh kepada kinerja mereka dalam membantu Anda menjualkan rumah yang Anda miliki.

  1. Mengetahui waktu khusus dalam menjual rumah adalah keuntungan yang baik bagi Anda untuk melakukan transaksi jual beli yang akan lebih banyak dari normalnya. Contohnya dalam kondisi politik yang aman dan stabil dan itu biasanya setelah pemilu atau juga ketika kondisi perekonomian sedang bagus.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.