Kelebihan & Kekurangan Penggunaan AC pada Sebuah Ruangan

Pendingin ruangan alias AC merupakan barang elektronik yang saat ini menjadi kebutuhan bagi banyak orang, terutama di Indonesia. AC menjadi pilihan utama masyarakat sebagai pendingin ruangan selain kipas angin. Meskpiun harganya terbilang cukup mahal, sebagian orang tetap menggunakan AC sebagai kebutuhan akan udara sejuk. Manfaat AC dapat kita rasakan jika musim panas tiba. Suhu di permukaan bumi akan meningkat sehingga menyebabkan udara di sekitar menjadi panas. Hal ini tentu meresahkan bagi sebagian orang terutama yang tidak tahan dengan panas. Dengan adanya AC, tentu memberikan kesejukan dan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Berikut kelebihan yang dapat Anda rasakan bagi penguna AC di rumah.

Mendapatkan udara sejuk

Pendingin ruangan yang Anda miliki membantu untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Pada umumnya AC menyaring debu, serbuk sari dan partikel-partikel debu dari sebuah ruangan. Tujuannya agar udara yang kita hirup lebih segar dan sejuk. Fungsi lainnya, AC dapat digunakan untuk mengontrol pertumbuhan jamur dan lumut dengan mengurangi tingkat kelembaban pada suatu ruangan. Udara sejuk yang dihasilkan oleh AC membuat kita nyaman berlama-lama atau bahkan membuat kita tertidur lelap dalam ruangan.

Meningkatkan produktivitas

Pada sebagian orang, AC dipercaya dapat mengurangi kelelahan yang berhubungan dengan panas dan stress. Dengan adanya AC dalam suatu ruangan dinilai cukup efektif dalam meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Dengan udara sejuk yang dihasilkan, AC dapat membuat ruangan nyaman sehingga membuat lingkungan kerja menjadi sejuk dan nyaman serta membantu kita untuk meningkatkan kinerja dalam beraktivitas.

Melindungi dari dehidrasi

Melakukan aktivitas di luar ruangan seharian tentu membuat tubuh terasa panas akibat terpapar sinar matahari. Seharian melakukan aktivitas dan panas yang berlebihan dapat membuat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Dengan adanya udara daru AC maka suhu tubuh dapat selalu dingin dan melindungi Anda dari dehidrasi yang berlebihan. AC sangat berfungsi untuk mendinginkan udara tubuh dari panas yang berlebih setelah melakukan aktivitas seharian di luar. Oleh karena itu, AC dirasa mampu melindungi tubuh dari dehidrasi.

Baca Juga  Aplikasi PPOB Indosat

Mengurangi alergi

Filter pada AC yang berfungsi untuk menyaring debu dan serbuk sari dan mensterilkan agar udara yang kita hirup segar dan sejuk, dapat membantu kita mengurangi alergi dan asma. Debu, bakteri dan jamur yang ada di dalam ruangan merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan alergi, asma dan masalah pernafasan lainnya. Gunakan AC pada ruangan yang tertutup untuk mencegah masuknya debu, bakteri dan jamur ke dalam ruangan. Hal ini bisa bermanfaat bagi orang yang menderita alergi dan asma.

Selain kelebihan yang sudah dijelaskan diatas. Ternyata AC juga memiliki beberapa kekurangan atau bisa dikatakan dampak yang terjadi jika kita terlalu lama di ruangan yang ber-AC. Apa saja kekurangan dan dampak yang dapat terjadi? Yuk, simak informasinya dibawah ini!

Kulit Kering

Berlama-lama di ruangan ber-AC dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit. Kulit bisa kehilangan kelembaban alami dan menjadi kering jika terlalu lama di ruangan ber-AC. AC dapat mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan air putih dan produksi selaput lendir berkurang sehingga menyebabkan kulit kering. Solusinya, gunakanhandbodyatau lotionyang diaplikasikan ke kulit agar kulit terjaga kelembabannya. Selain itu, jika terlalu lama berada diruang ber-AC sebisa mungkin perbanyak mengkonsumsi air putih. Dengan begitu Anda dapat mencegah kekeringan yang bisa terjadi pada kulit.

Mengalami gangguan pernafasan

Udara dingin yang berlebihan dari AC dapat menyebabkan masalah pernafasan seperti pilek, sakit tenggorokan, sinus dan gejala flu lainnya. Hal ini bisa disebabkan karena filter udara kotor. Filter yang kotor ini dapat menjadi sarang berkumpulnya debu, bakteri dan jamur yang dihasilkan kembali ke dalam ruangan. Solusinya tentu dengan rajin merawat dan mencuci ac dengan baik. Gunakan jasa cuci ac yang handal untuk membersihkan seluruh permukaan AC Anda baik indoor maupun outdoor. Dengan begitu udara yang dikeluarkan oleh AC menghasilkan udara yang bersih, segar dan sejuk.

Baca Juga  Pengin Jualan Pulsa, PPOB dan Tiket Pesawat serta Kereta Tanpa Harus Bikin Server?

Mudah terserang penyakit

Ruangan yang selalu tertutup dan sedikit sirkulasi udara dapat mempermudah berpindahnya bakteri serta virus dari satu orang ke orang lain. Jika ada seorang anggota keluarga yang sakit, maka akan dengan sangat mudah menularkannya pada orang lain yang berada dalam satu ruangan yang sama. Sirkulasi udara yang buruk diruangan ber-AC juga dapat menimbulkan penyakit seperti alergi karena debu terperangkap. Sebaiknya, jika AC tidak digunakan bukalah jendela untuk pertukaran atau sirkulasi udara yang alami agar debu tidak terperangkap pada ruangan tersebut.

Demikian informasi seputar kelebihan dan dampak penggunaan AC pada ruangan yang ber-AC. Agar terhindar dari dampak-dampak negatif diatas, sebaiknya Anda memastikan untuk membeli AC yang ramah lingkungan. Selain itu, perhatikan juga kebersihan AC Anda dengan menggunakan jasa cuci ac agar mesin AC baik indoor maupun outdoorbersih dan terhindar dari debu, bakteri serta jamur.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.