Khusus Gitaris Pemula, Kamu Wajib Tahu 4 Jenis Gitar Ini!

Salah satu jenis gitar yang paling banyak digunakan adalah jenis gitar akustik. Berbagai merek tersedia di pasaran, seperti gitar akustik Yamaha. Meski begitu, ternyata ada beberapa jenis gitar akustik yang perlu Kamu ketahui sebelum membelinya. Nah, agar Kamu tidak salah pilih dalam membeli gitar akustik, terlebih dahulu Kamu harus mengetahui jenis gitar akustik yang ada di pasaran.

1.  Steel String Guitar

Steel String Guitar
sumber : coustii.com

Steel string guitar disebut juga dengan folk. Gitar jenis ini paling banyak digunakan oleh para gitaris. Beragam jenis model bisa dipilih dari jenis gitar ini. Selain itu, harga yang ditawarkannya pun cukup beragam dan bisa dimainkan oleh wanita hingga anak-anak.

Ciri dari jenis gitar ini adalah ukurannya yang cukup ramping, sehingga mudah dimainkan oleh seluruh lapisan usia. Selain itu, suara yang tajam dan cukup ringan juga menjadi salah satu alasan banyak orang memilih gitar jenis ini sebagai gitar favoritnya. Jika Kamu ingin memainkan musik jenis pop ataupun instrumental gitar, disarankan untuk menggunakan gitar ini karena menghasilkan frekuensi gelombang suara yang panjang.

Salah satu jenis gitar akustik yang cukup banyak ditemukan di pasaran adalah gitar akustik Yamaha. Gitar ini memiliki beragam model dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

2.  Gitar Akustik Tipe Standar

Gitar Akustik Tipe Standar
sumber ; diedit.com

Gitar jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar 1,5 kali lipat dari steel string guitar. Bagi pemula, jenis gitar ini cukup sulit untuk dimainkan karena ukuran dan ketebalan gitar. Meskipun begitu, suara yang dihasilkan dari gitar jenis ini cukup kuat dan dinamika dari dawai yang disentuh akan sangat terasa.

Biasanya gitar jenis ini banyak dimainkan untuk jenis musik rock, jazz, maupun blues. Hal ini karena gitar akustik standar mampu menghasilkan intonasi suara yang tenang dengan kekuatan bass yang cukup terasa.

Baca Juga  Rekomendasi Wisata Di Dieng

3.  Gitar Akustik Elektrik

Gitar Akustik Elektrik
sumber : pinterest.com

Pada dasarnya tidak ada perbedaan mendasar gitar akustik elektrik dengan jenis gitar sebelumnya. Jika Kamu ingin memiliki gitar akustik elektrik tetapi sudah memiliki jenis steel string guitar atau gitar akustik standar, Kamu bisa mengubah gitar lama Kamu menjadi gitar akustik elektrik dengan hanya menambah pemasangan pick up. Hanya saja gitar yang sudah dipasang pick up pada raw guitar memiliki suara yang cukup bising dan jika volumenya dinaikkan akan semakin terasa gangguan suaranya.

Gitar akustik elektrik sendiri memiliki desain yang lebih ramping dibanding jenis gitar sebelumnya. Gangguan suara pada raw guitar juga tidak akan Kamu rasakan karena desainnya yang sudah canggih dengan bentuk yang lebih ramping. Bagi para pemula yang ingin cepat bisa bermain gitar, jenis gitar akustik elektrik sangat direkomendasikan karena lebih mudah digunakan.

4.  Silent Guitar

Silent Guitar
sumber : musicradar.com

Bagi Kamu yang ingin belajar bermain gitar tanpa harus takut mengganggu orang sekitar, Kamu bisa menggunakan jenis silent guitar. Gitar jenis ini tidak akan menghasilkan volume suara yang bising seperti tiga jenis gitar sebelumnya. Sehingga bagi Kamu yang ingin bermain gitar di malam hari, gitar jenis ini cocok karena tidak akan mengganggu orang lain.

Dengan menggunakan silent guitar, Kamu bisa mengatur penggunaannya. Pengontrolan suara ke amplifier atau handphone saat disambungkan ke gitar bisa dilakukan agar membuat nyaman Kamu dan orang lain.

Beragam jenis gitar akustik bisa ditemukan di pasaran. Kamu bisa memilih salah satu jenis gitar akustik merk Yamaha yang sudah banyak dipakai orang. Selain memiliki beragam jenis dan model, harga yang ditawarkan merek gitar Yamaha ini juga cukup terjangkau.

Baca Juga  Industri Mode Indonesia Siap Bersaing di Pasar Global!

 

 

 

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.