Kupas Tuntas Tentang Apa Itu Domain dan Hosting Serta Fungsinya

Kupas Tuntas Tentang Apa Itu Domain dan Hosting Serta Fungsinya

Kali ini saya akan Kupas Tuntas Tentang Apa Itu Domain dan Hosting Serta Fungsinya karena dari kemarin banyak yang menanyakan kepada saya tentang Hosting dan Domain.

Pengertian Domain dan Hosting

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia online, pasti sudah sering mendengar kata domain dan hosting, tetapi untuk yang baru mulai menggunakan internet, apakah Anda tahu artinya?

Domain dan hosting adalah dua hal yang sangat penting yang ada pada pembuatan website. Hampir semua pengelola bisnis online, internet marketing, web developer, blogger dan lainnya pasti sudah sangat akrab dengan dua istilah ini.

Yang dimaksud dengan domain secara singkat dapat diartikan sebagai alamat dari suatu website. Sedangkan hosting dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan data dari website itu.

Arti domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat server komputer (alamat hosting). Pada awalnya alamat hosting ini dilambangkan dengan deretan angka yang disebut IP. Namun karena penggunaan IP dirasa ribet dan membuat kita pusing harus menghapalkan angka (ipv4) dan campuran huruf (ipv6) maka digunakanlah domain untuk menggantikan IP itu.

Sementara arti dari hosting adalah tempat untuk menyimpan data website. Data website yang diletakkan pada hosting harus memiliki koneksi internet dan tentunya IP Public agar dapat diakses oleh banyak orang melalui jaringan internet.

Masih belum jelas? Baiklah saya gunakan bahasa sehari-hari saja ya. Saya contohkan disini kita akan membuat sebuah website toko online. Seperti yang kita bahas tadi, bahwa dalam pembuatan sebuah website, kita membutuhan domain dan juga hosting. Seperti dalam dunia nyata, jika kita akan membuat atau membuka sebuah toko, maka kita membutuhkan sebuah nama toko dan juga sebuah kios.

Karena kita membutuhkan nama toko dan kios maka kita akan menyewa sebuah kios sebagai tempat dan kita akan membuat sebuah papan nama toko di percetakan agar orang lain bisa melihat nama toko kita. Begitupun dalam membuat sebuah website toko online, maka kita harus membeli domain dan juga menyewa sebuah hosting.

Kita ibaratkan domain itu sebagai nama toko, dan Hosting itu sebagai kios. Sampai disini apakah anda sudah paham? Semoga sudah paham ya, karena kalau belum paham saya bingung harus menjelaskan bagaimana lagi.

Fungsi Domain dan Hosting

Setelah kita bahas pengertian dari domain dan hosting, sekarang kita bahas apa fungsi dari domain dan hosting itu sebenarnya sih.

Fungsi domain yang utama adalah memudahkan pengguna sehingga pengguna tidak perlu menghafal IP suatu website, melainkan cukup mengetikkan alamat domain website tersebut. Domain saat ini dikatakan oleh orang-orang sebagai alamat website atau yang kadang juga disebut sebagai alamat URL.

Sementara fungsi utama dari hosting adalah sebagai tempat menyimpan seluruh file dan data website anda. Data yang disimpan dapat berupa gambar, email, dokumen, video, dan website.

Para penyedia jasa hosting akan menyediakan server yang aktif atau up selama 24 jam supaya semua orang bisa berkunjung ke website Anda kapan saja. Server hosting pada umumnya wajib memiliki koneksi internet dengan kecepatan tinggi dan stabil karena hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan akses website. Salah satu penyedia hosting yang mempunyai kualitas dan fitur-fitur terbaik adalah Hostinger.

Berbagai Macam Domain

Domain memiliki banyak sekali ekstensi, dan setiap ekstensi memiliki kegunan yang berbeda-beda tentunya. Tetapi perlu anda ketahui bahwa tidak ada larangan penggunaan nama dan kegunaan domain. Nama domain yang telah Anda beli sepenuhnya milik Anda, dan boleh digunakan untuk tujuan apapun.

Beberapa domain disediakan khusus untuk suatu badan atau institusi (seperti pemerintahan atau kampus) dan beberapa lainnya khusus digunakan untuk lembaga-lembaga terdaftar.

Domain Gratis dan Subdomain:
.blogspot.com: digunakan untuk blog yang dibuat dengan hosting milik Blogger.
.wordpress.com: digunakan untuk blog yang dibuat dengan hosting milik WordPress.
.blogdetik.com: digunakan untuk blog yang dibuat dengan hosting milik Blogdetik.

Top Level Domain Generik:
.info: digunakan untuk website yang berisi dan membahas tentang informasi.
.com: digunakan untuk website yang berisi hal-hal komersial atau perusahaan (contohnya toko online).
.edu: digunakan untuk website mengenai pendidikan.
.net: digunakan untuk website yang membahas tentang networking.
.biz: digunakan untuk website bisnis.
.org: digunakan untuk website organisasi atau komunitas.

Top Level Domain Sponsor:
.asia: digunakan untuk domain yang berlokasi di Asia.
.aero: digunakan untuk website penerbangan.
.gov: digunakan untuk website pemerintahan.
.coop: digunakan untuk website perusahaan kooperasi.
.mil: digunakan untuk website militer.
.mobi: digunakan untuk website yang berhubungan dengan mobile.
.travel: digunakan untuk website travel atau perjalanan.

Jenis dan Contoh Hosting

Web hosting juga memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, dimana setiap jenisnya memiliki fitur, kualitas dan harga yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis dan contoh secara lengkap.

Hosting Gratis

Sesuai dengan namanya, penggunaan hosting gratis tidak dipungut biaya, dan diberikan secara gratis oleh penyedia layanan hosting.

Walaupun gratis, biasanya tetap ada syarat dan ketentuannya. Terdapat batasan-batasan yang membuat penggunaannya tidak seoptimal dengan yang berbayar. Tujuannya adalah agar pelanggan dapat mencoba layanan tersebut terlebih dahulu sebelum membayar untuk dapat menggunakannya tanpa batasan (lebih dikenal sebagai sistem free trial).

Hosting gratis adalah pilihan tepat bagi orang-orang yang ingin belajar dan memahami tentang kegunaan dan cara menggunakan hosting sebelum memutuskan untuk membeli layanan premium atau berbayar yang lebih baik.

Shared Hosting

Sesuai dengan namanya, shared hosting adalah layanan berbagi. Berbagi dalam arti bahwa baik resource ataupun RAM yang ada pada server akan digunakan secara bersama-sama dengan para pengguna lain.

Layanan hosting jenis ini adalah layanan yang paling populer dan banyak digunakan. Harganya yang murah dan kualitas yang cukup memadai menjadi faktor utama alasan orang-orang untuk menggunakan layanan ini.

Layanan shared hosting banyak digunakan oleh orang-orang yang baru membangun website atau blog pribadi dengan pengunjung yang belum cukup banyak.

VPS Hosting

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Pada layanan berikut ini, Anda dapat menyewa sebuah server virtual yang hanya akan digunakan oleh satu pengguna saja. Pada layanan ini, 1 server fisik terdiri dari beberapa VPS yang akan disewakan ke orang-orang.

VPS sangat cocok digunakan oleh pemilik website dengan pengunjung yang lumayan banyak. Hal ini dikarenakan Anda akan diberikan fasilitas untuk menggunakan semua resource dan RAM yang terdapat pada server virtual tersebut. Namun diperlukan pengetahuan dan kemampuan teknis untuk mengelola VPS karena semua kontrol berada di tangan penggunanya.

Dedicated Hosting

Sama dengan VPS, dedicated hosting adalah layanan yang digunakan hanya untuk pengguna tunggal. Perbedaannya adalah, Anda akan diberikan sebuah server fisik khusus untuk digunakan Anda sendiri. Pada server tersebut Anda bebas menginstall sistem operasi dan control panel. Perubahan dan pengaturan pada server tersebut juga bebas Anda otak atik sendiri.

Karena kualitasnya yang sangat bagus, maka harga Dedicated Hosting cukup mahal, dan menjadi idaman banyak pemilik website.

Kelebihan yang Anda terima adalah: RAM lebih tinggi, CPU lebih canggih, dan hardisk dengan kapasitas lebih besar. Semua kelebihan tersebut tidak dibagikan ke siapapun, melainkan hanya untuk Anda sendiri (tidak berbagi dengan pengguna lain).

Dedicated server pada dasarnya digunakan oleh website-website besar dengan pengunjung super banyak.

Masih sama dengan VPS, karena Anda akan mendapatkan kontrol penuh atas pengelolaan server, maka dibutuhkan pengetahuan IT untuk pengelolaannya.

Garansi Hostinger

Untuk menyewa atau membeli sebuah hosting, baik itu Shared Hosting, VPS Hosting, Maupun Dedicated Hosting, Hostinger adalah salah satu penyedia yang paling direkomendasikan oleh saya karena memang kualitas hosting yang ada di Hostinger sangatlah berkualitas dengan jaminan uptime dan berani memberikan sebuah garansi produk dan layanannya.

Promo Hostinger

Di Hostinger juga tersedia banyak sekali promo dan diskon tanpa syarat, beda dengan penyedia hosting lainnya yang kebanyakan memberikan diskon namun ada syarat dan ketentuannya.

Hosting Murah Hostinger

Untuk urusan harga, Hostinger merupakan penyedia Hosting yang memberikan harga dengan sangat murah, sehingga tidak membuat kita merasa terbebani saat kita akan membangun sebuah website. Bahkan kita akan diberikan free domain secara cuma-cuma jika kita register sebuah hosting dengan minimal order 12 bulan.

Baca Juga : Tutorial Membuat Website Secara Mudah Untuk Pemula

Buat anda yang ingin membuat website dan ingin order sebuah hosting dan domain bisa klik disini, atau klik banner dibawah ini yah.

Incoming search terms:

Related posts

Leave a Comment