Makanan Bagi Pengidap Diabetes

Makanan Bagi Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes atau kencing manis perlu membatasi jumlah gula yang mereka konsumsi sebaik mungkin, baik dari segi jumlah, jadwal, maupun jenis makanannya. Kurangnya jumlah insulin maupun terjadinya resistensi insulin membuat penderitanya harus berhati-hati menjaga agar kadar gula atau glukosa dalam darah mereka tidak melonjak.

Mereka perlu memilih makanan yang memiliki daftar indeks glikemik rendah dan menyediakan nutrisi penting seperti Antioksidan,  kalsium, potasium, serat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Makananuntuk diabetes tersebut juga tidak boleh meningkatkan kadar gula darah secara signifikan, mampu membakar lemak, mengurangi inflamasi, dan memiliki manfaat dalam kesehatan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai pola makan dan jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi, agar kadar gula darah Anda terus terkontrol. Berikut ini adalah daftar pilihan makanan untuk diabetes.

Cokelat hitam

Mereka yang mengonsumsi cokelat hitam akan memiliki keinginan yang lebih rendah untuk makan makanan manis, asin, atau berlemak dibandingkan mereka yang mengonsumsi cokelat susu. Cokelat kaya akan flavanoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat pengolahan glukosa darah, dan mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

Brokoli

Brokoli mengandung kromium yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Selain itu brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang mampu memperbaiki dan melindungi melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes.

Buah Beri

Baik stroberi, blueberry, blackberry, dan buah beri lainnya kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Buah yang dikategorikan ADA sebagai diabetes superfood ini juga memiliki kalori dan karbohidrat rendah, yakni sekitar 62 kalori dan 16 gram karbohidrat per ¾ cup. Bluberry mengandung antosianin, senyawa kimia alami yang mengecilkan sel lemak dan menstimulasi produksi adiponektin, hormon yang mengatur kadar glukosa darah.

Oatmeal

Makanan untuk diabetes yang satu ini berpengaruh besar pada kadar gula darah. Serat ini lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga kadar glukosa darah lebih terkontrol. Percobaan yang dilakukan selama delapan tahun menunjukkan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 19% pada wanita yang melakukan diet kaya magnesium, dan 31% pada wanita yang rajin mengonsumsi gandum utuh. Ketahui juga ciri ciri kanker rahim pada wanita di situs kesehatan ini.

Related posts

Leave a Comment