Management Bandwith VPN User

Management Bandwith VPN User

Pengelolaan penggunaan bandwith merupakan sebuah hal yang penting. Dengan ini kita bisa menghindari monopoli penggunaan bandwith. Sehingga penggunaan bandwith bisa kita atur secara merata atau bisa juga kita gunakan untuk memberikan prioritas-prioritas kepada user tertentu. Lalu, bagaimana jika user tersebut adalah pengguna koneksi VPN dari jaringan kita. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan, yaitu secara Dinamic dan juga Static. Dengan metode dinamic ini ketika ada user VPN login maka akan diberikan jatah bandwith seperti yang kita tentukan. Hal ini mungkin cukup mudah jika user VPN tersebut tidak terlalu banyak dan cenderung bersifat statis. Pengaturan itu biasa kita sebut Management Bandwith VPN User

Apabila user VPN tersebut banyak dan bersifat mobile akan terasa sulit bagi kita membagi berapa bandwith yang pas untuk setiap user tersebut. Apalagi jika User VPN tersebut terbagi menjadi beberapa akun dan setiap akun memiliki network yang berbeda-beda.

Baca Juga : Migrasi Database User Manager

Sebagai contoh kasus user VPN dengan akun A berjalan di network 1.1.1.0/24, akun B dengan network 2.2.2.0/24, dan akun C dengan network 3.3.3.0/24. Dan masing-masing akun akan mendapatkan alokasi bandwith berbeda-beda. Untuk akun A -> 128kbps, akun B -> 256kbps, akun C -> 512kbps. Alokasi bandwith tersebut akan dibagi secara merata pada tiap network. Ketika ada penambahan maupun pengurangan VPN User secara otomatis router akan membagi bandwith secara merata dan ini juga dapat memaksimalkan pemakaian bandwith yang ada.

topologi-1

Konfigurasi VPN

Konfigurasi pertama kita akan membuat ‘IP Pool’ untuk alokasi IP Address masing-masing akun dari VPN. Masuk ke menu IP -> Pool -> klik Add [+].

pool

Setelah kita membuat IP Pool selanjutnya kita aktifkan service VPN. Kali ini service VPN yang akan digunakan adalah PPTP. Untuk mengaktifkan masuk ke menu PPP -> Interface -> klik tombol command ‘PPTP Server’. Kemudian centang opsi ‘Enabled’.

pptpenabled

Kemudian kita buat profile baru untuk akun VPN A, B, dan C. Pada menu yang sama pilih Tab ‘Profiles’. Pengaturan profile ini akan kita gunakan untuk mendefinisikan parameter ‘Remote Address’ di secret. Sehingga alokasi IP Address untuk user bisa secara otomatis sesuai dengan network yang kita tentukan.

profile_a

profile_b

profile_c

Nah, pada akhirnya nanti kita memeliki 3 profile baru untuk masing-masing akun VPN.

allpool

Langkah selanjutnya kita buat akun untuk user VPN. Pembuatannya pada Tab ‘Secret’.

secret_a

secret_b

secret_c

Sehingga akan terdapat 3 akun VPN untuk konkesi PPTP, yaitu A, B, dan C.

all_secret

Konfigurasi Queue untuk Manajemen Bandwith

Setelah kita melakukan konfigurasi pada VPN server, selanjutnya kita akan membuat management bandwith menggunakan simple queue.

allqueue

Pengetesan

Kita akan melakukan pengetesan apakah konfigurasi kita dapat berjalan dengan baik. Untuk pengetesan ini menggunakan bandwith test dari perangkat PC/Laptop yang terhubung ke jaringan VPN yang telah kita buat tadi.

Ketika ada user VPN yang menggunakan akun A dan di coba melakukan test bandwith, maka jika konfigurasi berjalan dengan baik, limitasi queue akan menggunakan limitasi-VPN-A dengan alokasi bandwith sesuai ketentuan sebelumnya.

testbw-vpn-a

Test limitasi Akun A

Hal tersebut juga akan sama ketika ada user VPN yang terkoneksi denan akun B dan C. Masing-masing akan mendapatkan limitasi bandwith sesuai dengan yang kita tentukan sebelumnya.

testbw-vpn-b

Test Limitasi Akun B

limitasibw-vpn-c

Test Limitasi Akun C

Itulah teknik bagaimana cara Management Bandwith VPN User dengan baik dan tepat.

Related posts

One Thought to “Management Bandwith VPN User

Leave a Comment