Memanfaatkan Hotspot Trial Untuk Akses Internet Gratis

Memanfaatkan Hotspot Trial Untuk Akses Internet Gratis

Memanfaatkan Hotspot Trial Untuk Akses Internet Gratis – Perkembangan Teknologi internet membuat masyarakat seperti kecanduan internet, kalau tidak online rasanya ada yang kurang. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibeberapa area publik seperti bandara, stasiun, mall, dan sebagainya sering memberikan layanan internet secara cuma – cuma kepada para pengunjungnya.

Sebagai Admin jaringan di kantor, di toko atau di sekolah misalnya Anda juga ingin menerapkan sistem yang sama, Anda bisa memberikan layanan Gratis kepada pengunjung, tamu atau bahkan untuk siswa di sekolah. Biasanya di masyarakat Indonesia ini kalau ada sesuatu yang Gratis seringnya laris atau akan banyak orang yang ingin menggunakan. Sebagai Admin jaringan kita harus bijak dalam membagi bandwidth, harus kita lakukan management supaya Bandwith tetap pada porsinya masing – masing. Apalagi untuk layanan yang gratis, sudah seharusnya user yang menggunakan akses Gratis diberikan limitasi, bisa berdasarkan waktu, Quota bahkan kita juga bisa memberikan iklan atau kita tunjukkan Profil perusahaan sebelum user gratis mengakses internet.

Hotspot pada mikrotik memiliki fitur Trial, yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan akses Internet Gratis pada pelanggan tanpa kita memberikan username dan password. Pelanggan tidak perlu memasukkan username dan password cukup klik tombol pada portal pertama saat terkoneksi dengan wireless AP kita. Di portal pertama tersebut bisa kita edit dari default bawaan mikrotik menjadi profil perusahaan kita misalnya atau kita pasang gambar dari produk beserta harga produk kita.

Konfigurasi dasar Hotspot bisa dipelajari di artikel Setting Dasar Hotspot Mikrotik. Sebelum memberikan akses gratis kepada client yang perlu dilakukan pertama kali adalah memberikan limitasi bandwidth supaya client gratisan tidak mengganggu atau bahkan menghabiskan bandwidth yang ada di kantor. Lebih baik menggunakan konfigurasi PCQ agar bandwidth client gratis dibagi rata.

Queue List

Selanjutnya buat User Profile pada Hotspot untuk memberikan akses trial atau free akses. Tentukan shared user sesuai kebutuhan dan un-cek parameter Add Mac Cookie supaya jika client sudah logout atau kehabisan quota dan waktu harus klik ulang dihalaman pertama login page. User Profile ada di menu IP >> Hotspot >> User Profiles >> Add.

User Profile

Jangan lupa arahkan parent queue ke Simple Queue yang sudah dibuat sebelumnya. Silahkan geser ke tab Queue.

Hotspot Trial

Konfigurasi Server profile harus di ubah agar fitur Trial hotspot mikrotik aktif. Cara mengaktifkannya cukup dengan mencentang parameter Trial pada Server Profile yang ada di tab Login. Dari server profile kita bisa membatasi waktu online client gratisan misal 5 menit saja. kemudian Arahkan user profile ke user profile Trial yang sudah dibuat.

Hotspot

Konfigurasi Trial sudah selesai, sudah bisa dicoba dengan mengkoneksikan perangkat hp atau laptop ke interface hotspot.

Trial

User trial dapat login tanpa username dan password dengan klik tombol “click here” di atas kotak username dan password.

Selain limitasi waktu dan kecepatan bisa juga dilimit berdasarkan quota. Untuk memberikan limitasi qouta ada di Hotspot User.

Limit

Dengan sekedar klik, sudah tidak perlu repot2 lagi membuat username dan password kepada client yang ingin dapat akses internet secara cuma – cuma.

Related posts

One Thought to “Memanfaatkan Hotspot Trial Untuk Akses Internet Gratis

Leave a Comment