Merubah TPlink Menjadi Ubiquiti

Merubah TPlink Menjadi Ubiquiti

Ternyata banyak juga yang bertanya tentang tempe rasa ubi. Saya jadi semangat posting nih. Tempe rasa ubi adalah istilah para jaringan internet, yaitu Merubah TPlink menjadi Ubiquiti. Jadi kita bisa merubah radio wireless tplink kita menjadi ubiquiti. Nah radio apa saja yang bisa diubah ke ubiquiti ? Yang ingin saya tulis disini adalah radio tplink 5210g yang akan dirubah menjadi ubiquiti nano station2. Wah seru sekali kannn? ya jelas lah saya aja tiap punya radio tplink 5210 selalu saya buat menjadi nano station 2. Selain jaringannya lebih stabil tentunya menjadikan radionya semakin keren. karena menjadi ubiquiti resmi dan bisa di update kapan saja. keren khaann??

Kelebihan dan Kekurangan Tempe Rasa Ubi

tplink-to-ubiquiti

Kelebihan dari perubahan TP-LINK WA5210G dengan OS UBNT NS2 adalah selain jaringannya lebih stabil juga terdabat Extra Channel Mode yang tidak ada di Tplink 5210 karena TPlink 5210g hanya ada di channel 20/40 Mhz saja. Namun jika sudah dirubah menjadi nano station2 maka ekstra channel modenya bisa menjadi 5/10/20 Mhz dan pilihan channelnya menjadi banyak, jadi kita bisa memilih sesuka hati kita untuk menghindari intervensi dan menjadikan koneksi Lebih stabil. Kelebihan lainnya adalah Kompatibel dengan semua merek radio Freq 2.4

Sedangkan kekurangannya adalah jika sudah diflash menjadi ubnt maka tidak bisa dikembalikan seperti semula lagi. Atau menjadi permanen. Dan jika gagal flash akan mengakibatkan rusak selamanya. Jadi butuh keberanian juga jika ingin merubah tplink anda.

Tampilan dari Tempe rasa ubi juga berbeda dari sebelumnya. Jika kita menggunakan Tplink 5210g maka tampilannya akan seperti yang biasanya kita lihat. Namun jika sudah dirubah menjadi ubi atau nano station, maka tampilannya akan seperti dibawah ini :

tempe-rasa-ubi-2-660x410

Cara Merubah TPlink 5210g menjadi Nano Station2

Cara membuat TPlink 5210g menjadi Nano Station2 ini bisa dibilang gampang gampang susah. Gampangnya kita tinggal mengikuti petunjuk saja. Namun meskipun petunjuknya sudah jelas, ternyata masih banyak juga yang gagal flash dan resikonya adalah rusak permanen. HMmmm kasian juga ya kalau gagal flash. hehehe. Saya dulu juga pertama kali mencoba gagal. Namun yang kedua dan seterusnya lancar jaya. ternyata benar pepatah bilang kegagalan adalah proses keberhasilan dan ini berlaku untuk saya dulu.
Hal yang perlu dicermati dalam membuat tplink menjadi ubiquiti adalah keberanian. Karena resiko yang dialami adalah kematian atau rusak permanen jika anda gagal flash radio wirelessnya.

Langsung saja berikut ini langkah langkah untuk membuat TPLink 5210 menjadi Nano Station2.

Langkah awal

Yang harus dibutuhkan dalam merubah tplink 5210 menjadi Nano Station adalah Software Flashing Tplink. Softwarenya seperti apa ? Anda bisa download disini.
Software Tempe Rasa Ubi || Download

Setelah download ikuti langkah langkah dibawah ini
1. Setting IP komputer anda seperti ini 192.168.1.2 subnet mask 255.255.255.255.0
Karena ip default tplink adalah 192.168.1.254. Reset ke Default jika ipnya sudah berubah. Saya anggap anda semua bisa tahap ini.
2. Pastikan koneksi ke Radio lancar dengan cara ping ke IP Address Radio. Ping 192.168.1.254 –t. Jangan dilanjutkan jika diping belum bisa.!!
3. Kemudian Exstrak pogramnya yang anda download tadi.
4. Jalankan programnya
5. Klik next
6. Kemudian klik Check Host, pastikan host ditemukan
7. Masukan Mac Address di kolom Mac Addr show Correct dan masukan md5 dikolom md5
8. Kemudian klik Flash, amati prosesnya sampai selesai.
9. Tunggulah sampai ada perintah Done !
10. Setelah selesai masuk ke web 192.168.1.20. id dan password : ubnt
11. Jika Bisa login berarti selamat radio anda sudah berubah menjadi UBNT.

Baca Juga : Setting Auto Restart Radio Ubiquity (UBNT)

Jika anda masih bingung di downloadan ada petunjuk yang lebih mudah dipahami. Tapi saya kira jika anda para master jaringan pasti dengan membaca tulisan saya ini saya rasa sudah paham. Jika anda gagal paham maka anda bisa membeli radio tplink yang sudah dirubah menjadi ubiquiti di forum ubiquiti.

Catatan Penting

Tplink yang bisa dirubah adalah tplink versi 1. Jika versi dua harus merubah chipset terlebih dahulu jadi harus membutuhkan alat pihak ketiga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Itulah cara Merubah TPlink Menjadi Ubiquiti. Sekian Postingan saya kali ini.

Related posts

One Thought to “Merubah TPlink Menjadi Ubiquiti

Leave a Comment