Pemuda Penakluk WannaCry Terancam Dipenjara

Pemuda Penakluk WannaCry Terancam Dipenjara

Berita mengejutkan datang dari dunia IT. Marcus Hutchins, Pemuda Penakluk WannaCry Terancam Dipenjara. Marcus Hutchins ditangkap FBI di Bandara Las Vegas sesaat sebelum pulang kembali ke Inggris setelah mengunjungi konferensi Black Hat dan DefCon cybersecurity di US.

Marcus Hutchins ditangkap atas 6 tuntutan, sehubungan dengan dugaan bahwa dialah yang membuat dan menjual trojan banking Kronos. Sebagai informasi, trojan Kronos ini merupakan Trojan banking canggih yang mampu mencuri data login bank, sekaligus memodifikasi situs perbankan agar korbannya memasukkan berbagai informasi penting seperti Pin dan sebagainya.

Meskipun mengejutkan banyak pihak dan sempat menjadi kontroversi karena tidak ada yang percaya bahwa Marcus melakukannya untuk tujuan kriminal, tetapi jaksa penuntut menyatakan kepada pengadilan bahwa Marcus mengaku dialah yang membuat trojan Kronos dan menjualnya dengan tujuan untuk mencuri detail perbankan korban.

Baca Juga : Menkominfo Pastikan Indonesia Belum Terserang Petya

Namun pengacara Marcus sendiri menyatakan bahwa dia menolak semua tuntutan tersebut dan mengajukan permohonan tidak bersalah. Marcus juga masih dinyatakan shock dan kaget atas penangkapan ini, dan seperti biasa, nantinya tuntutan dan pembelaan ini akan terus berlanjut di pengadilan sampai adanya sebuah keputusan final dari hakim.

Marcus Hutchins sendiri disetujui untuk bebas bersyarat dengan jaminan sebesar 400 juta rupiah dari hasil dukungan komunitas dan penggalangan dana. Tetapi karena belum sempat membayar hingga kantor pengadilan tutup, maka Marcus harus mendekam di penjara dan baru dibebaskan Senin besok.

Jika nantinya di pengadilan Marcus terbukti dinyatakan bersalah, maka dia terancam dihukum hingga 40 tahun penjara.

Sebelumnya Marcus Hutchins menjadi pahlawan setelah berhasil mematikan ransomware WannaCry hingga penyebarannya bisa ditekan. Hal ini membuatnya begitu populer hingga identitas anonim yang selama ini dia sembunyikan jadi terungkap.

Kalau menurut kalian apakah Marcus Hutchins memang pemuda yang menciptakan ransomware Wannacry atau memang dia adalah pemuda jenius yang benar-benar bisa menaklukan ransomware wannacry dengan kejeniusannya?

Baca Juga : Pencegahan Penyebaran Malware WannaCry dengan Mikrotik

Yang jelas saat ini masih diselidiki kebenarannya oleh FBI. Kita tunggu saja hasilnya seperti apa, semoga tidak ada kesalahan dalam penuduhan.

Akan sayang sekali apabila Pemuda Penakluk WannaCry Terancam Dipenjara jika sampai salah tuduh dan salah sasaran. Kita tunggu saja deh hasilnya seperti apa penyelidikan lebih lanjutnya.

Incoming search terms:

Related posts

One Thought to “Pemuda Penakluk WannaCry Terancam Dipenjara

Leave a Comment