Perbedan jeans dan denim

Punya celana jeans? Hampir setiap orang mempunyai koleksi jeans di lemari masing-masing, pakaian sejuta umat ini menjadi jenis pakaian yang wajib dimiliki karena kegunaannya yang fleksibel dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Banyak yang menyamakan jeans dengan denim, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, karena dari segi sejarah denim jauh lebih dulu hadir dari pada jeans. Selain itu jeans dan denim merupakan dua konteks yang berbeda. Jeans adalah jenis celana, sedangkan denim adalah sebutan untuk jenis kain. Jeans merupakan salah satu jenis celana yang terbuat dari denim. Jadi jeans adalah produk sedangkan denim adalah bahannya. Berikut penjelasan lengkap mengenai keduanya.

Sejarah denim

Jenis kain ini pertama kali di buat di Perancis, yang sering disebut dengan serge de nimes. Kemudian disingkan menjadi nimes. Lama kelamaan disebut dengan denim. Kain ini terbuat dari kain twill yang terkenal kuat, biasanyaterbuat dari wool atau sutra yang dicampur dengan wool. Setelah itu pembuatan kain  jenis ini tidak hanya di produksi di Perancis saja namun mulai di produksi masal di negara eropa lainnya, seperti Inggris dan Italia. Spesifikasi denim ada dua macam, yaitu berdasarkan twill dan oz. Twill menunjukkan alur pemintalan. Ada yang disebut dengan left twill yaitu arah pemintalan kain yang membentuk garis diagonal kekiri dan sebaliknya. Sedangkan ukuran oz menunjukkan ketebalan kain. Semakin kecil nilai nilai oznya maka semakin lembut kainnya. Ketika anda mendapati kain denim yang kaku dan kasar bisa dipastikan nilai oz kain tersebut tinggi.

Sejarah Jeans

Jeans adalah sebutan produk celana yang di produksi oleh Levi Strauss. Pemuda asal Jerman yang mengadu nasib di Amerika ini sukses memasarkan produk celana berbahan denim di Amerika sekita rabad 18-an. Produk pertamanya dikhususkan untuk pekerja tambang dekat tempat kerjanya. Celana ini laris manis karena sifat dari jeans yang kuat, tidak mudah robek sesuai dengan spesifiksi yang di butuhkan perkerja saat itu. Mesipun demikian model pertamanya masih memiliki kekurangan di bagian saku yang mudah robek. Salah satu pelanggannya Jacob Davis menyarankan penggunaan plat keling untuk memperkuat produknya. Setelah di uji coba ternyata cara ini efektif, dan sesuai ekspektasi. Setelah mendapatkan hak paten atas penemuan tersebut perusahan semakin besar dengan nama levi’s strauss and co. Jeans selalu diminati dari masa ke masa membuatnya menjadi pakaian legend tak lekang dimakan jaman.

Baca Juga  Waktunya Memuaskan Selera Makan Saat Berlibur ke Pulau Madura

Ada bagian-bagian unik yang dimiiki celana jeans

  1. Rivets, yaitu komponen kecil seperti paku keling yang berfungsi memperkuat saku. Sebagaimana tujuan sebelumnya yang memang dikhususkan untuk pekerja tambang, komponen ini masih di pertahankan sampai sekarang
  2. Jahitan rantai, jahitan celana jeans ada dua macam, ada yang menggunakan jahitan biasa dan jahitan rantai. Jahitan rantai ini yang membuat jeans terkenal kuat. Jahitan rantai digunakan di tempat-tempat yang rawan robek, sedangkan jahitan biasa terdapat pada variasi jahitan celana.

Model celana jeans terbaru

Berdasarkan informasi diatas, anda sudah tidak bingung lagi kan terhadap perbedaan keduanya, jadi penyebutan yang benar adalah jaket denim, tas denim, rok denim bukan jaket jeans, tas jeans dan rok jeans karena jeans adalah produk celana yang terbuat dari denim. Berbicara mengenai celana jeans. Anda bisa mendaparkan model celana jeans terbaru melalui blibli.com. model ditawarkan selalu up to date sesuai dengan trend yang digemari. Blibli.com menyediakan celana jans dari berbagai macam merek terkenal, membuat anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi toko resmi untuk mendapatkan produk impian.

 

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.