Setting PPTP Server Dan PPTP Client

Setting PPTP Server Dan PPTP Client

Setting PPTP Server Dan PPTP Client – Salah satu service yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan VPN adalah Point to Point Tunnel Protocol (PPTP). Sebuah koneksi PPTP terdiri dari Server dan Client.

Point-to-Point Tunneling Protocol (PPTP) adalah suatu protokol jaringan yang memungkinkan pengiriman data secara aman dari remote client kepada server perusahaan swasta dengan membuat suatu virtual private network (VPN) melalui jaringan data berbasis TCP/IP.

PPTP merupakan protokol jaringan yang memungkinkan pengamanan transfer
data dari remote client (client yang berada jauh dari server) ke server pribadi perusahaan dengan membuat sebuah VPN melalui TCP/IP (Snader, 2005). Protokol ini dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco.
Teknologi jaringan PPTP merupakan pengembangan dari remote access Point-to-Point protocol yang dikeluarkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

PPTP merupakan protokol jaringan yang merubah paket PPP menjadi IP datagram agar dapat ditransmisikan melalui intenet. PPTP juga dapat digunakan pada jaringan private LAN-to-LAN. PPTP terdapat sejak dalam sistem operasi Windows NT server dan Windows NT Workstation versi 4.0. Komputer yang berjalan dengan sistem operasi tersebut dapat menggunakan protokol PPTP dengan aman untuk terhubung dengan private network sebagai client dengan remote access melalui internet. PPTP juga dapat digunakan oleh komputer yang terhubung dengan LAN untuk membuat VPN melalui LAN.

Fasilitas utama dari penggunaan PPTP adalah dapat digunakannya public-switched telephone network (PSTN) untuk membangun VPN. Pembangunan PPTP yang mudah dan berbiaya murah untuk digunakan secara luas menjadi solusi untuk remote user dan mobile user, karena PPTP memberikan keamanan dan enkripsi komunikasi melalui PSTN ataupun internet.

Teknologi jaringan PPTP merupakan perluasan dari remote access Point-to-Point protocol yang telah dijelaskan dalam RFC 1171 yang berjudul “The Point-to-Point Protocol for the Transmission of Multi-Protocol Datagrams over Point-to-Point Links” . PPTP adalah suatu protokol jaringan yang membungkus paket PPP ke dalam IP datagram untuk transmisi yang dilakukan melalui internet atau jaringan publik berbasis TCP/IP. PPTP dapat juga digunakan pada jaringan LAN-to-LAN.

Fitur penting dalam penggunaan PPTP adalah dukungan terhadap VPN dengan menggunakan Public-Switched Telephone Networks (PSTNs). PPTP menyederhanakan dan mengurangi biaya dalam penggunaan pada perusahaan besar dan sebagai solusi untuk remote atau mobile users karena PPTP memberikan komunikasi yang aman dan terenkripsi melalui line public telephone dan internet.

Secara umum, terdapat tiga komponen di dalam komputer yang menggunakan PPTP yaitu :

  • PPTP client
  • Network Access Server
  • PPTP server

Baca Juga : Tutorial Setting IP Proxy Dan Contoh Penggunaanya

Kali ini akan saya bagikan bagaimana cara Setting PPTP Server Dan PPTP Client.

Langkah 1:

1. buka winbox
2. klik interface
3. klik add PPTP client
4. masukkan server address (ip publik mikrotik)
5. user (user yang akan konek ke mikrotik)
6. password (passwordnya)
7. profile (default)
8. allow (centang semua)

Langkah 2:

1. buka PPP
2. klik PPTP Server
3. klik enabled
4. authentication (klik smuanya)
5. klik secret
6. klik add
7. masukan name & password
8. service PPTP
9. routes ip lokal gateway (ip lokal mikrotik)
10. local address (ip pptp server lokal yg bakal di add di ip address, terserah yang penting ip nya belum ada di
jaringan)
11. remote address (ip yang bakal di pakai untuk meremote di jaringan lokal, terserah juga)

Langkah 3:

Mebuat koneksi VPN PPTP di windows

Ingat, username & password harus sama di PPTP client (interface) dengan PPP Secret

Selesai….!!!!

Semoga bermanfaat

Related posts

One Thought to “Setting PPTP Server Dan PPTP Client

Leave a Comment