Smartphone di Bawah 1 jutaan, Xiaomi Redmi 2 atau Lenovo A6000?

Mengingat peran smartphone yang multitasking sudah tergolong ke dalam kebutuhan primer masyarakat modern, terkadang kita sering kali mengalami kesulitan untuk menentukan ponsel pintar mana yang akan dibeli. Ada begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti merek, spesifikasi, sistem operasi, harga, bahkan hingga desain dan ukuran ponsel.

Bagi kelompok masyarakat menengah, harga menjadi salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli ponsel—tentunya sebisa mungkin tanpa harus mengabaikan kualitas. Karenanya, sebelum memutuskan untuk membeli smartphone baru, kenali dan pelajari dahulu berbagai informasi penting seputar spesifikasi, kualitas, serta perbandingan harganya.

Bagi Anda yang tengah mencari ponsel pintar terbaik dengan harga di bawah 1 juta rupiah, Xiaomi Redmi 2/2S atau Lenovo A6000 bisa menjadi pilihan. Lalu bagaimana dengan spesifikasi keduanya? Mana yang kira-kira lebih sesuai dengan kebutuhan Anda? Yuk, disimak ulasannya.

Xiaomi Redmi 2/2S

Xiaomi Radmi - teknohape.com
Xiaomi Radmi – teknohape.com

Sejak awal kemunculannya, Xiaomi memang telah berhasil menarik perhatian pangsa pasar smartphone dunia. Dengan menawarkan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi, serta dengan harga yang terjangkau, tak heran jika produk asal Cina ini mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Produk yang telah dirilis sejak awal tahun 2015 ini hadir dengan processor Quad Core dan sistem operasi Android Kitkat 4.4.4. Dengan tampilan MIUI V6, Xiaomi Redmi 2/2S juga dilengkapi dengan GPU Adreno 306 dan RAM berukuran 1GB untuk mendukung kinerjanya. Hal ini tentunya sangat mendukung bagi para pencinta game atau konten hiburan lainnya.

Untuk kapasitas penyimpanannya, smartphone ini dibekali memori internal berukuran 8GB dengan tambahan memori eksternal hingga 64 GB. Berbeda dengan versi sebelumnya—Redmi 1S yang berkapasitas 2000 mAh—ketahanan baterai Redmi 2/2S lebih tinggi yaitu sekitar 2200 mAh.

Baca Juga  Keunggulan Vivo Y83 dengan Notch-nya yang Keren

Dari segi desain, Xiaomi Redmi 2 dirancang dengan dimensi 134 x 67,2 x 9,4 m dan berat 133 g. Sebuah smartphone dengan desain yang sangat tipis dan ringan, cocok bagi masyarakat kekinian yang menyukai benda-benda minimalis.

Ukuran layar smartphone ini hampir sama dengan produk sebelumnya yaitu 4,7 inci, dengan resolusi HD 720×1280 pixel. Layar ini juga telah dilengkapi dengan lapisan Dragon Trail Glass yang tahan terhadap goresan dan tidak mudah pecah ketika terjatuh.

Untuk kebutuhan berfoto, smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera yang mumpuni. Kamera belakangnya menggunakan lensa 8 Megapixel dan telah dilengkapi dengan Autofocus, LED Flash, touch focus, face/smile detection, dan HDR. Sedangkan untuk kamera depan, telah disematkan lensa berukuran 2 Megapixel, yang akan memuaskan hasrat berswafoto Anda.

Kelebihan lain dari Xiaomi Redmi 2/2S, yaitu smartphone ini telah didukung oleh teknologi LTE sehingga memungkinkan Anda untuk mengakses internet dengan kecepatan hingga 150 mbps. Terdapat pula sensor berupa compass, accelerometer, proximity, dan gyro. GPS juga telah didukung oleh teknologi A-GPS dan Glonass, yang memungkinkan Anda untuk bernavigasi dengan cepat.

Tentunya, untuk bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan tinggi, smartphone ini pun harus didukung oleh jaringan dan paket internet yang juga mumpuni dari operator seluler yang berkualitas seperti IM3. Tidak hanya memiliki jaringan yang cukup luas, pulsa IM3 juga termasuk yang paling murah dan mudah dicari.

Anda bisa mendapatkan pulsa IM3 di setiap konter penjualan pulsa. Bagi yang tidak sempat untuk pergi ke konter, bisa membelinya secara online melalui aplikasi pembelian pulsa, salah satunya di Traveloka. Tidak hanya aman, cara transfer pulsa im3 di Traveloka juga lebih murah dan praktis, yaitu hanya dengan klik link ini.

Baca Juga  Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android

Lenovo A6000

Lenovo A6000 - www.pinoytechnoguide.com
Lenovo A6000 – www.pinoytechnoguide.com

Bisa dibilang, produk Lenovo A6000 ini hadir untuk menantang Xiaomi Redmi 2/2S. Bagaimana tidak, selain karena spesifikasi yang hampir sama, smartphone ini juga ditawarkan di kelas low entry dalam persaingan smartphone murah untuk kalangan menengah-bawah.

Sama halnya dengan Xiaomi Redmi 2/2S, Lenovo A6000 juga hadir dengan processor bertenaga Quad Core 1.2 Ghz. Hanya saja, perbedaannya terletak pada sistem operasi dari Lenovo A6000 yang masih mengggunakan Android kitkat 4.4.2 dengan user interface Lenovo VIbe UI.

Untuk mendukung performanya, Lenovo juga dilengkapi dengan RAM berukuran 1GB, yang berpadu dengan Adreno 306. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan, disediakan memori sebesar 8GB yang bisa ditambahi memori eksternal hingga 64 GB.

Dari segi penampilan, ponsel ini juga hampir serupa dengan Xiaomi Redmi 2/2S yang identik dengan tampilan yang tipis dan ringan. Bahkan, Lenovo A6000 hanya memiliki ketebalan sekitar 8,2 mm dengan bobot 128 g. Tak heran, jika ponsel ini sangat nyaman digunakan bahkan dengan hanya satu tangan. Untuk layar, Lenovo A6000 memiliki display berukuran 5 inci dan dengan resolusi layar sebesar 720 x 1280 pixels.

Lenovo A6000 memiliki kapasitas baterai baterai Li-Ion sebesar 2300 mAh. Lebih dari itu, ponsel pintar ini hadir dengan fitur dual sim, sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan dua kartu dalam satu ponsel sekaligus. Smartphone ini juga telah didukung oleh teknologi LTE Cat.4, sehingga Anda bisa bebas berinternet dengan kecepatan hingga 150 mbps.

Bagi Anda yang masih berada di daerah 2G/3G, smartphone ini pun masih mendukung untuk jaringan HSPA, yakni dengan kecepatan internet hingga 42 mbps. Selain itu, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n, dan Bluetooth V4.0 sebagai konektivitas pendukung lainnya.

Baca Juga  Pilihan Harga HP Xiaomi yang Banyak Diminati

Dari segi kamera, ponsel pintar ini juga tak jauh berbeda dengan Xiaomi Redmi 2/2S. Kamera utama atau belakangnya dilengkapi dengan lensa 8 Megapixel dan kamera depan 2 Megapixel. Kamera tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED Flash, sehingga memungkinkan Anda untuk memperoleh gambar dengan resolusi 3264 x 2448 pixels.

Itu tadi ulasan dua smartphone terbaik di bawah 1 jutaan, Xiaomi Redmi 2/2S dan Lenovo A6000. Kira-kira produk mana yang menjadi pilihan Anda?

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.