Tips Memiliki Dapur Bersih Minimalis Berukuran Kecil

Memiliki dapur bersih minimalis berukuran kecil merupakan salah satu yang sangat didambakan oleh sebagian besar orang, terutama para ibu-ibu rumah tangga. Dengan memiliki dapur yang bersih dan menarik, maka akan membuat suasana kita dalam memasak lebih menyenangkan, sehingga kita akan bersemangat dalam memasak.

Selain akan membuat suasana menyenangkan dan membuat kita bersemangat, mempunyai dapur yang baik juga bisa menjaga kualitas makanan, tentunya makanan akan lebih higienis dan sehat. Untuk memiliki dapur yang bersih dan sehat sebenarnya sangat mudah, namun banyak orang yang beranggapan jika ingin memiliki dapur yang bersih dan sehat harus memiliki ruang yang luas dan barang-barang kebutuhan dapur yang mahal. Anggapan semua itu tentunya salah, berikut tips memiliki dapur bersih minimalis berukuran kecil.

1. Menggunakan lemari gantung / Tempel

Jika kita mempunyai ukuran rumah yang kecil namun ingin memiliki dapur yang bersih, sehat dan menyenangkan maka kita harus mensiasati dengan cara penataan peralatan dapur dengan baik dan benar. Salah satunya adalah dengan menggunakan lemari gantung atau tempel. Dengan menggunakan lemari gantung atau tempel maka kita bisa memanfaatkan ruang di berbagai bagian tanpa memakan banyak ukuran ruang kita.

2. Meja dapur serbaguna

Kita juga bisa mensiasati menggunakan meja dapur serbaguna, sehingga kita akan menghemat pemakaian luas ruangan dapur kita. Dengan meja dapur serbaguna, maka akan bisa dimanfaatkan sebagai lemari dan laci untuk menyimpan barang-barang, sekaligus wastafel sebagai tempat cuci piring serta kompor sekalian.

3. Bersihkan dapur secara teratur

Untuk kebersihan dan keawetan dapur kita, kita wajib rutin untuk membersihkan dapur secara teratur, baik untuk dapurnya ataupun peralatan dapur dan masaknya. Baiknya kita membersihkan peralatan memasak kita dan dapur kita sebelum memulai masak dan setelah selesai memasak. Membersihkan peralatan dapur usahakan jangan menggunakan sembarang sabun. Saran saya gunakan sunlight, karena akan membersihkan lemak yang menempel secara membandel dalam satu kali lap saja. Biasanya kotoran yang paling susah dibersihkan adalah lemak, jika lemak menempel pada peralatan dapur maka akan membuat dapur kita menjadi tidak bersih dan tidak nyaman, tentunya membuat kotor dan risih untuk dilihat.

Baca Juga  Cara Merawat Kulit Kaki Agar Tidak Pecah Pecah

4. Ventilasi udara

Usahakan dapur kita ada ventilasi udara dan lebih bagus lagi ada kipas angin juga, karena akan membuat dapur kita udaranya menjadi sejuk dan tidak pengap. Saat kita memasak maka akan menghasilkan gas karbon, dan jika gas tersebut tidak dikeluarkan dari dapur, maka akan sangat berbahaya bagi kita bahkan bisa menyebabkan kematian karena gas sisa pembakaran tersebut. Selain itu, jika ventilasi udara pada dapur kita baik, maka juga akan membuat lebih aman saat terjadi kebocoran pada gas LPG kita. Jika ada kebocoran gas, maka gas tersebut akan cepat keluar dari ventilasi udara, sehingga akan mengurangi resiko untuk terjadi kebakaran.

Itulah tips memiliki dapur bersih minimalis berukuran kecil, semoga bermanfaat.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.