Tips Menggunakan Winbox Pada Mikrotik RouterOS

Tips Menggunakan Winbox Pada Mikrotik RouterOS

Tips Menggunakan Winbox Pada Mikrotik RouterOS – Dalam melakukan konfigurasi sebuah router bisa menggunakan beberapa metode yaitu dengan menggunakan SSH, Telnet, serial console, dan bisa juga menggunakan browser(webfig). Tetapi Mikrotik memiliki aplikasi khusus yang Gratis dan sangat praktis yang sangat populer karena GUI, yakni Winbox.

Mungkin sudah banyak yang mengetahui dan dapat mengoperasikan Aplikasi Winbox karena memang sudah sangat terkenal dikalangan pengguna Router Mikrotik. Tetapi Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa Tips dan Trik dalam menggunakan Aplikasi Winbox supaya semakin maksimal dalam memanfaatkan atau menggunakan aplikasi Winbox ini.

1. Remote Router MAC Address dan IP Address

Mikrotik bisa diremote menggunakan MAC-Address maupun IP-Address. Remote MAC-Address sebaiknya digunakan saat awal melakukan konfigurasi sebelum Router memiliki IP Address saja.

Winbox Mikrotik

Penggunaan Winbox harian untuk konfigurasi Router Mikrotik sebaiknya menggunakan IP-Address. Konfigurasi menggunakan IP-Address akan lebih stabil karena menggunakan protocol TCP.

Tips Menggunakan Winbox Pada Mikrotik RouterOS

Related posts

Leave a Comment