Tutorial Membuat Website Secara Mudah Untuk Pemula

Tutorial Membuat Website Secara Mudah Untuk Pemula

Saat ini dunia teknologi semakin canggih dan berkembang. Berbagai kegiatan sekarang ini sudah mulai dilakukan secara online, dan kegiatan secara manual sudah mulai ditinggalkan. Mulai dari Jual beli, Promosi usaha, dan pekerjaan lainnya sekarang ini dilakukan secara online.

Bagi kalian para pemilik usaha, sebaiknya kalian sudah memulai merambah ke dunia online. Karena di dunia online akan lebih terbuka pangsa pasarnya, bahkan sangat luas dan tanpa batas. Kita bisa promosikan bisnis kita dan menjual produk-produk kita secara online tanpa batas ruang dan waktu.

Langkah pertama agar kita bisa mempromosikan dan menjual secara online adalah dengan cara kita mempunyai sebuah website. Untuk membuat website ada beberapa hal yang kita perlukan, diantaranya adalah hosting dan juga domain. Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu domain dan hosting ?

Dalam dunia nyata jika kita akan membuka suatu toko, maka kita memerlukan kios dan juga nama toko. Biasanya kita bisa sewa kios di mall ataupun di ruko-ruko. Nah, dalam dunia online pun kita membutuhkan nama toko dan juga kios tersebut. Domain adalah alamat url bisa diartikan sebagai nama toko (misalkan tokopunyasaya.com), nah berarti nama toko anda adalah tokopunyasaya.com. Lalu hosting diibaratkan sebagai kios. Kita bisa menyewa hosting di layanan penyedia hosting.

Kali ini saya kasih bocoran penyedia hosting dan domain yang lengkap dan bagus yaitu Hostinger, sebuah perusahaan berkelas internasional yang yang bergerak dalam bidang penyediaan hosting dan domain yang telah melayani jutaan konsumen di seluruh dunia.

Oke saya gak akan panjang lebar lagi, langsung saja saya akan kembali ke topik kita kali ini yaitu Tutorial Membuat Website Secara Mudah Untuk Pemula.

Langsung saja yuk kita ikuti langkah demi langkahnya.

Yang pertama kita lakukan adalah dengan menyewa hosting dan domain dengan cara mendaftar di penyedia hosting dan domain atau lebih cepat klik gambar di bawah ini

daftar domain dan hosting

Lalu klik Coba Sekarang

coba sekarang

Lalu kalian akan disajikan dengan berbagai pilihan hosting yaitu Webhosting Single, Webhosting Premium dan Juga Webhosting Bisnis. Saya sarankan untuk memilih Webhosting Premium, karena fasilitas yang didapat sudah mumpuni untuk membuat website yang profesional dan berkelas dunia.

Paket Hosting

Lalu pilih Paket yang Premium dan klik Pilih Sekarang

Cart Hostinger

Lalu ikuti tutorial seperti pada gambar di atas yaitu pilih jangka waktu 12 Bulan (lebih lama lebih baik karena akan lebih besar diskon yang didapatkan), Lalu Checklist Amankan Website Anda dengan Sertifikat SSL Gratis (Layanan Hosting di Hostinger Gratis SSL).

Gratis Domain

Oh iya, jika anda memilih paket hosting dengan minimal 12 bulan, maka anda berhak mendapatkan domain secara gratis. Caranya masukan nama domain yang anda inginkan (saran menggunakan nama kalian dulu misal andrialeksander.com), jika domain tersedia tinggal tambahkan ke Cart.

domain gratis

Maka akan keluar tampilan seperti itu. Lalu kita menuju ke bagian kanan atas yaitu Checkout Sekarang

Checkout Sekarang

Pembayaran bisa menggunakan transfer bank, kartu kredit, paypal, bitcoin dan juga Wallet.

Pembayaran

Pilih metode pembayaran yang sesuai dan yang ingin anda lakukan, misal dengan BCA atau dengan paypal ataupun dengan atm bersama. Pilih sesuai pilihan anda yah.

daftar atau masuk

Lalu anda akan dihadapkan pada menu Daftar atau masuk ke akun anda. Jika anda sudah mempunyai akun, anda tinggal klik masuk dan masukan email dan password kalian, atau masuk dengan facebook ataupun google. Namun jika anda belum mempunyai akun di Hostinger, kalian bisa daftar menggunakan facebook atau google, bisa juga dengan memasukan nama, email dan kata sandi. Lalu klik Buat Akun & Checkout.

Invoice

Maka anda akan ditujukan ke halaman invoice. Lakukan pembayaran sesuai dengan invoice yang ada, setelah melakukan pembayaran jangan lupa untuk konfirmasi melalui link konfirmasi https://www.hostinger.co.id/konfirmasi-pembayaran

Setelah domain hosting dan domain aktiv, maka anda sudah bisa mengakses cpanel anda dan mulai mengelola hosting anda. Anda juga sudah bisa untuk memulai untuk membuat website.

cpanel

Lalu pilih menu / Install WordPress pada cpanel anda

wordpresss

Lalu Pilih Install dan klik Install Now

Cpanel WordPress

Lalu pilih nama domain dan folder dimana kita akan install, kosongkan folder jika anda ingin install di halaman utama domain anda.

Nama Domain

Lalu buat username dan password untuk nantinya sebagai akun untuk login ke website anda (Untuk username jangan gunakan admin karena akan mudah ditebak dan dihack, dan untuk password gunakan huruf besar dan kecil, angka dan juga karakter unik misal Qwerty123!).

Kemudian klik Install

Akun Website

Dan tunggulah proses installasi beberapa saat hingga installasi selesai

Proses Installasi

Setelah installasi selesai maka website kalian sudah bisa diakses dan tampilan defaultnya adalah seperti ini.

depan wordpress

kalian bisa mengedit dan mendesign website anda sesuai dengan selera anda melalui dashbord wordpress anda dengan cara akses melalui http://namadomainkalian.com/wp-admin

lalu masukan user dan passwordnya dan klik masuk

belakang wp

Setelah itu, anda akan masuk ke halaman dashbord wordpress anda.

Anda bisa merubah tampilan website anda dengan cara merubah themes wordpress anda melalui pilih tampilan lalu pilih tema

dashboard wordpress

Lalu pilih Tambahkan baru pada bagian atas tema

Tambahkan Baru

Lalu pilih tema yang diinginkan dan klik tombol install

tema wp

Setelah Tema terinstall, sekarang anda tinggal klik aktifkan

aktifkan

Sekarang buka website anda, dan tentunya tampilannya sudah berubah sesuai dengan tema yang anda pilih install tadi

tampilan website

Itulah Tutorial Membuat Website Secara Mudah Untuk Pemula semoga bermanfaat. Buat kalian yang belum mempunyai hosting, sekali lagi saya ingatkan untuk membeli hosting dan domain di Hostinger karena Hostinger terbukti merupakan salah satu penyedia hosting dan domain yang terbaik di Indonesia, bahkan layanannya sudah berkelas internasional. Selain itu banyak sekali promo yang didapat mulai dari potongan harga (diskon) hingga gratis domain dan gratis layanan premium lainnya.

promo hostinger

Salah satu kesuksesan seseorang dalam dunia bisnis online adalah websitenya tidak pernah mati (down), Hostinger memberikan garansi uptime, sehingga kita tidak perlu khawatir kalau website kita akan mati atau down. Dijamin website kita akan selalu hidup atau ON.

garansi

Oke jadi saat ini sudah tidak ada alasan lagi bahwa orang awam tidak bisa membuat website sendiri ya. Dengan tutorial ini dipastikan orang gaptek pun bisa membuat website sendiri dengan mudah hanya dalam hitungan menit saja.

Sekali lagi saya ingatkan, untuk urusan domain dan hosting terbaik hanya di hostinger.co.id

Related posts

One Thought to “Tutorial Membuat Website Secara Mudah Untuk Pemula

Leave a Comment