Waktunya Memuaskan Selera Makan Saat Berlibur ke Pulau Madura

Waktunya Memuaskan Selera Makan Saat Berlibur ke Pulau Madura

Siapa sih yang tak kenal dengan Pulau Madura. Pulau yang satu ini memang tersohor sebagai penghasil garam. Namun selain punya komoditas kebanggaan berupa garam, Madura juga menjadi tempat berlibur yang menarik bagi para wisatawan.

Sudah punya asuransi perjalanan tahunan karena sering berlibur?

Kesalahan liburan tanpa asuransi perjalanan memang tak banyak dialami masyarakat modern. Karena masyarakat masa kini sudah lebih peduli terhadap proteksi diri sendiri dan barang bawaan. Kalau sudah memiliki asuransi perjalanan, kita pun leluasa berlibur ke Madura untuk mencicipi aneka hidangan istimewa ini:

Soto Madura

Soto Madura memiliki ciri khas yang tak ada pada soto-soto lainnya. Kuahnya berwarna kuning jernih menyerupai Soto Lamongan. Soto yang berbahan dasar daging sapi ini biasanya diberi pelengkap berupa potongan telur rebus. Seporsi sajian soto Madura pun siap disantap bersama sepiring nasi hangat.

Lorjuk

Kawasan pesisir Madura memiliki salah satu bahan makanan unik berupa sejenis kerang yang disebut lorjuk. Ukuran kerang yang satu ini terbilang kecil dan rasanya gurih. Lorjuk kerap diolah menjadi aneka lauk pendamping nasi atau keripik untuk oleh-oleh.

Topak Ladeh

Topak ladeh mirip dengan lontong sayur khas lebaran. Namun penggunaan bumbu pada topak ladeh jauh lebih banyak dan cita rasanya cukup pedas. Topak ladeh yang disajikan bersama irisan lontong terdiri dari irisan daging sapi, jeroan, dan telur rebus. Warna kuahnya yang pekat dan merah pasti menggugah selera siapa pun yang melihatnya.

Nasi Serpang

Ketika mengunjungi bangkalan, kita bisa mencicipi nasi serpang yang tak ada di daerah lain. Nasi serpang sebenarnya mirip dengan nasi rames. Seporsi nasi serpang terdiri dari irisan daging sapi, telur rebus, tahu dan tempe, tumisan buncis, dan bihun goreng.

Nasi Jagung

Nasi jagung yang disajikan di Madura merupakan campuran dari beras dan tepung jagung. Tesktur tepung jagung yang masih agak kasar membuat rasa nasi jagung jadi semakin unik. Sebagai pelengkap, nasi jagung kerap disajikan dengan peyek teri, gudangan (sejenis urap), pepes, atau ikan balado.

Wah, tampaknya menarik sekali ya bila bisa menikmati sensasi wisata kuliner di Madura. Jadi, tunggu apalagi nih?

Mari wujudkan rencana liburan ke Pulau Madura bersama orang-orang terdekat!

Incoming search terms:

Related posts

Leave a Comment