Cara mengecek blt BPJS Ketenagakerjaan lengkap dengan cara cek penerima bantuan UMKM di 2021

Info Lengkap Cara Mengecek BLT

BLT adalah kependekan dari Bantuan Langsung Tunai. Ini adalah program bantuan dari pemerintah untuk kelompok masyarakat yang tidak mampu atau yang memenuhi persyaratan. Bantuan yang diberikan bisa dalam bentuk uang tunai dan bisa juga dalam bentuk lainnya. BLT pertama kali dilakukan oleh pemerintah negara Brasil di tahun 1990-an dengan program bernama Bolsa Escola. Sementara di Indonesia BLT pertama kali dilakukan pada tahun 2005. 

BLT kedua berlangsung tahun 2009. Kemudian di tahun 2013 namanya berganti menjadi BLSM yang merupakan singkatan dari Bantuan Langsung Sementara Masyarakat. BLT yang dilakukan pemerintah Indonesia bentuknya bisa merupakan uang tunai, jaminan kesehatan, pendidikan, hingga bantuan pangan. Lalu bagaimana cara mengecek BLT dan siapa saja yang berhak menerimanya? Berikut ini adalah jenis BLT di Indonesia dan cara mengecek penerimanya. 

Cara Mengecek BLT BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu jenis BLT dari pemerintah Republik Indonesia adalah BLT BPJS Ketenagakerjaan. Ini adalah bantuan dana yang ditujukan bagi para karyawan peserta BPJD Ketenagakerjaan yang penghasilan bulanannya di bawah RP 5 juta. Agar lebih spesifik dan tidak salah sasaran, maka ditetapkan kriteria penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan yaitu karyawan swasta yang menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di bawah Rp 5 juta, Pegawai Pemerintah Non PNS (PPNPN) yang tidak menerima gaji ke-13 dan merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, dan yang terakhir adalah guru honorer yang bekerja di lingkungan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan. 

Sebelum cari cara cek BLT BPJS Ketenagakerjaan, ini dia info mengenai syarat penerimanya yaitu Warga Negara Indonesia yang memiliki NIK, terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan dan bisa membuktikannya dengan nomor kartu peserta, membayar iuran BPJS berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta. Di tahun 2021, tersedia banyak cara cek BLT BPJS. Anda bisa cek melalui situs resmi Kemnaker di bsu.kemnaker.go.id. Bisa juga lewat aplikasi BPJSTK Mobile atau melalui situs BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Cara cek nama penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan lainnya adalah melalui WhatsApp di nomor 08119115910 atau 08551500910. 

Apa Itu BLT UMKM dan Cara Mengecek BLT UMKM

Jenis BLT yang kedua adalah BLT UMKM. Ini adalah bantuan dana yang ditujukan pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Program pemerintah ini dinamakan Bantuan Presiden Produktif usaha Mikro atau disingkat BPUM. Program ini pertama kali diselenggarakan pada akhir tahun 2020 sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap para pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi COVID-19. Agar para pengusaha tetap semangat dalam berkreasi maka diberikan bantuan dana sebesar Rp 2.4 juta per orang. 

Karena antusias yang besar, BPUM kembali diadakan di tahun 2021 dengan penurunan dana menjadi Rp 1.2 juta per orang. Target pemerintah kali ini adalah menyalurkan BPUM ke 12.8 juta pengusaha UMKM. Siapa yang bisa menerima BPUM? Penerima BPUM harus memenuhi syarat berupa Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP elektronik, memiliki usaha mikro yang bisa dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM, bukan merupakan ASN, anggota TNI, POLRI, pegawai BUMN maupun BUMD. Penerima BPUM yang sudah menerima bantuan dana sebelumnya bisa menerima bantuan kembali selama masih memenuhi syarat. Lalu bagaimana cara cek penerima bantuan UMKM?

Cara Mengecek BLT BPUM

Cara cek penerima BPUM tidak sulit. Para pelaku usaha UMKM kini bisa mengeceknya secara online. Cek BLT UMKM online bisa dilakukan lewat BRI maupun BNI. Untuk cara cek BPUM BRI adalah buka situs resmi BRI atau langsung ke alamat eform.bri.co.id/bpum, lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP, masukkan kode verifikasi yang tertera di layar. lalu klik “Proses Inquiry”, daftar pun akan muncul. Sementara itu, cara cek penerima BPUM melalui BNI adalah membuka laman banpresbpum.id, lalu masukkan NIK, klik “Cari”, dan di layar akan muncul pemberitahuan terdaftar atau tidaknya. 

Dengan bantuan teknologi, cara mengecek BLT kini menjadi semakin mudah. Bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.