Perbedaan kartu ATM chip dan magnetic stripe lengkap dengan kartu atm chip BCA, Mandiri di 2021

Lengkap! Ini Dia Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic

Sudahkah Anda mengganti kartu ATM keluaran lama dengan yang baru? Bagi semua nasabah bank yang memiliki kartu ATM jenis lama dengan magnetic stripe, diwajibkan untuk menggantinya dengan kartu ATM jenis baru yang menggunakan chip. Karena pemerintah akan memblokir kartu ATM jenis magnetic stripe mulai awal tahun 2022. Sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No. 17/52.DKSP mengenai Implementasi Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang Diterbitkan di Indonesia, maka penggunaan kartu ATM magnetic dibatasi sejak tahun 2015. 

Berdasarkan surat edaran tersebut, seluruh pemegang kartu ATM jenis lama diharapkan mengganti kartu ATM sebelum tanggal 31 Desember 2021. Tapi sebenarnya apa perbedaan kartu ATM chip dan magnetic? Apakah benar kartu ATM chip jauh lebih unggul dibandingkan kartu ATM magnetic stripe? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.  

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Segi Keamanan

Kartu ATM lama yang menggunakan magnetic stripe menyimpan semua data mulai dari nama, nomor kartu, tanggal ekspirasi kartu, dan data penting lainnya pada magnetic stripes yang ada di bagian belakang kartu. Karena itu kartu ATM magnetic stripe jadi mudah digandakan dan dimanfaatkan untuk hal yang curang atau tidak bertanggung jawab. 

Selain itu, bank host tidak bisa memastikan keaslian kartu pada saat transaksi terjadi. Ini tentu bisa berakibat fatal, kartu ATM yang palsu bisa disalahgunakan hingga berkali-kali. Sementara itu, kartu ATM yang berbasis chip datanya tidak disimpan di kartu. Melainkan di CPU, memori, sistem operasi, aplikasi, hingga fungsi kriptografi. Kartu chip ATM juga bisa diketahui asli atau tidaknya dengan menggunakan metode offline dan online CAM dari petugas. 

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic dari Bentuk dan Biayanya

Jika dilihat sekilas saja, kartu ATM magnetic stripe dan chip seperti tidak ada bedanya. Dari segi ukuran dan potongannya memang tidak ada perubahan. Hanya saja jika diperhatikan lagi, perbedaannya akan terlihat jelas. Kartu ATM magnetic stripe memiliki garis warna hitam yang ada di bagian belakang kartu. Pola ini digunakan untuk digesek saat melakukan transaksi. Magnetic stripe bisa rusak dan tidak bisa digunakan untuk transaksi. 

Sedangkan kartu ATM chip tidak memiliki garis hitam, melainkan chip berupa kotak kecil warna emas yang ada di bagian depan kartu, biasanya di sebelah kiri kartu. Kartu chip sebenarnya sudah mulai diedarkan pada tahun 2018. Sehingga di tahun 2021 sudah banyak orang yang menggunakan kartu ATM jenis baru ini. Dari segi biaya, kartu ATM chip lebih mahal sedikit dibandingkan kartu ATM magnetic stripe. Ini karena kartu ini menggunakan teknologi lebih baru yang lebih canggih. 

Biaya pada saat penggantian tidak seberapa jika dibandingkan dengan keamanan yang akan didapat nasabah. Ingin mendapatkan kartu ATM Mandiri chip dan kartu ATM BCA chip? Setiap bank memiliki jadwal yang berbeda mengenai masa penggantian kartu, tergantung kebijakan tiap bank. Pastikan Anda tahu jadwal penggantian kartu ATM bank Anda agar tidak terlewat.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic

Untuk mengganti kartu ATM Mandiri dari magnetic stripe menjadi kartu Mandiri debit chip, Bank Mandiri memberi batas waktu secara bertahap. Untuk kartu ATM Mandiri lama yang tanggal ekspirasinya di tahun 2021 sampai 2022 akan diblokir pada bulan April 2021. Sementara untuk kartu yang tanggal ekspirasinya tahun 2023, masih bisa menggunakannya. 

Jika kartu ATM Mandiri sudah terlanjur terblokir, tidak masalah karena nasabah bisa langsung ke bank untuk mengganti dengan kartu ATM Mandiri chip. Sementara untuk kartu ATM chip BCA bisa didapatkan hingga akhir Desember 2021. Tapi jika nasabah punya waktu, sebaiknya segera saja mengganti kartu ATM lamanya dengan kartu debit chip Mandiri, BCA, dan kartu ATM bank lainnya.

Setelah mengetahui perbedaan kartu ATM chip dan magnetic yang begitu penting, mari ganti kartu ATM lama kita dengan yang baru agar bisa menikmati sistem yang jauh lebih aman.