Cara mengikuti dan beli pelatihan prakerja di tokopedia yang sudah di beli lengkap dengan cara menyelesaikan di 2021

Ikuti Program Tokopedia Prakerja, Begini Caranya

Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk membantu para calon pekerja potensial di Indonesia. Tujuan Kartu Prakerja adalah untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan, meningkatkan produktivitas dan daya saing. Program ini ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja yang dikenakan Putus Hubungan Kerja (PHK), dan juga pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja dengan lebih baik.

 

Program ini juga ditujukan bagi pelaku usaha mikro dan kecil. Sejak tahun 2020, program ini lebih ditujukan bagi pekerja yang terkena PHK dan para pengusaha mikro dan kecil yang terkena dampak pandemi COVID-19. Kartu Prakerja bisa diikuti oleh siapa saja yang telah berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menjalani sekolah atau kuliah. Mengikuti perkembangan teknologi, jalan digital dipilih sebagai cara menyalurkan program pemerintah ini. Salah satunya adalah melalui Tokopedia Prakerja. Sebelum cari tahu cara mengikuti pelatihan Prakerja di Tokopedia, simak dulu apa saja yang bisa didapatkan dari program ini. 

Apa yang Didapat Jika Lolos Tokopedia Prakerja?

Jika lolos program Kartu Prakerja di Tokopedia, maka peserta akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja guna mendaftar pelatihan yang diinginkan. Selain itu, tiap peserta akan mendapat dana sebesar Rp 1 juta untuk membeli pelatihan. Selain dana untuk membeli pelatihan, ada juga dana insentif untuk menuntaskan pelatihan sebesar Rp 600 ribu setiap bulan serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150 ribu. 

Ini akan didapatkan selama 4 bulan. Diharapkan bantuan dana ini bisa menjadi salah satu cara menyelesaikan pelatihan Prakerja di Tokopedia dan kemudian memiliki kompetensi dan daya saing kerja yang lebih baik ke depannya. Cara mengikuti pelatihan Prakerja di Tokopedia adalah dengan mendaftar terlebih dahulu. 

Daftar Program Tokopedia Prakerja

Di tahun 2021, ini dia cara ikut pelatihan Prakerja di Tokopedia. Anda harus mendaftar secara online di Tokopedia. Semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang sekolah atau kuliah bisa mendaftar. Bukan hanya pencari kerja saja, karyawan dan pelaku usaha mikro dan kecil juga bisa mendaftar. Asalkan mereka tidak berstatus sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota POLRI, kepala desa dan perangkat desa, direksi, komisaris dan dewan pengawas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Miliki Daerah (BUMD). 

Meski bisa diikuti oleh banyak orang, tapi Kartu Prakerja hanya bisa didapatkan sekali seumur hidup. Juga sudah mendapatkannya di tahun 2020, maka tidak bisa lagi mendaftar di tahun 2021. Karena itu, jika sudah mendapatkan Kartu Prakerja, harus tahu betul cara pelatihan Prakerja di Tokopedia dan memaksimalkannya agar tidak sia-sia. 

Cara Beli Pelatihan Tokopedia Prakerja

Cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia mudah saja. Pertama, unduh dulu aplikasi Tokopedia, setelah terpasang buka aplikasi, lakukan registrasi dan verifikasi nomor ponsel. Di kolom pencarian ketik “Kartu Prakerja”, lalu pilih kategori “Pelatihan” dan pilih lembaga pelatihan yang diinginkan. Kemudian klik “Lihat Detail” untuk kelas pelatihan yang diminati. 

Di dalamya, Anda bisa mendapat info lebih lanjut mengenai kelas tersebut dan cara menukarkan voucher. Jika pilihan sudah mantap, klik “Beli”. Bila punya kode promo, jangan sampai lupa untuk dimasukkan. Di metode pembayaran pilih “Lihat Semua” lalu klik “Kartu Prakerja” sebagai cara membayar Anda, yang ada di Program Pemerintah. Lalu masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja dan verifikasi akan dikirim lewat SMS. 

Lalu kode voucher akan ada di Histori Transaksi Top Up & Tagihan. Cara mengikuti pelatihan prakerja di tokopedia yang sudah dibeli adalah menukarkan kode voucher di lembaga yang sudah dibeli vouchernya, ikuti setiap langkahnya. Jika kode voucher sudah berhasil ditukar, maka kelas pelatihan sudah bisa diikuti. Jika pelatihan sudah selesai, diharapkan peserta Kartu Prakerja memberi ulasan di Histori Transaksi Top Up & Tagihan dengan cara klik “Tulis Ulasan”. Tokopedia Prakerja diharapkan bisa membantu menumbuhkan bibit pekerja yang baik dan profesional bagi Indonesia ke depannya.