Headlamp Mobil: Cara Merawat Lampu Depan Mobil yang Benar

Lampu headlamp led untuk mobil merupakan lampu dengan fungsi menjadi penerang jalan di malam hari. Lampu kepala digunakan untuk lampu jarak jauh maupun dekat. Rangkaian headlamp mulai dari lampu depan untuk memberikan penerangan utama di malam hari maupun cuaca berkabut dan hujan, relay sebagai pencipta arus yang diproduksi oleh baterai sehingga beban dari baterai menjadi berkurang. Terdapat juga rangkaian saklar pembagi yang memiliki fungsi sebagai penyala lampu jarak dekat maupun jarak jauh, saklar utama yang memudahkan dalam menyalakan lampu kota, sekring sebagai fungsi dalam mengamankan kerusakan pada jaringan sistem hubungan singkat dan penerangan, baterai sebagai penghasil energi listrik.

Awalnya headlamp menggunakan bahan bakar asetilena atau gas minyak, dianggap sebagai headlamp lenter. Headlamp yang dikenal ketika akhir tahun 1880 dan menjadi populer karena mampu bertahan saat hujan lebat, kemudian mengikuti perkembangan teknologi membuatnya aksesoris dan menggunakan headlamp listrik. Headlamp listrik dikenal pada tahun 1898 yang memiliki komponen listrik mobil, headlamp ini cukup besar dikarenakan penggunaan lampu listrik. Adanya filamen membuat hasil pijar lebih berdaya tahan pendek dan menjadi sulit ketika dinamo relatif kecil untuk dapat memberikan hasil arus besar sehingga lampu dapat menyala dengan terang. Tahun 1904 headlamp menawarkan perlengkapan yang mengintegrasikan elektrik Delco sehingga membuat lampu dapat menerangi dalam jarak yang jauh hingga muncul lampu sealed beam dan halogen.

Berikut adalah fitur penting dalam headlamp mobil diantaranya:

  • Auto headlamp merupakan fitur untuk menyalakan lampu besar sehingga akan membuat sistem berada dalam automatic light control sensor dalam mendeteksi kecerahan cahaya yang berada sekitar mobil, biasanya berada di bagian atas dashboard dan diposisikan switch dan sistemnya bekerja otomatis.
  • Follow me home yang merupakan fitur yang menyalakan headlam dalam 30 detik sehingga akan menerangi area depan ketika pengemudi keluar, biasanya membantu pengemudi yang masuk kerumah pada malam hari, dengan mematikan lalu mencabut kunci kontak serta menempatkan tuas headlamp menjadi auto dan menarik posisi flash ketika membuka menutup mobil.
Baca Juga  Ingin Mulai Bisnis Tanpa Keluar Uang Banyak? Ini Dia Caranya!

Selain itu, terdapat auto turn off untuk mengantisipasi headlamp menyala ketika mematikan kunci dan membuka pengemudi, sistem ini mengatur headlamp dengan otomatis sehingga baterai menjadi aman. Auto level control yang menyesuaikan dengan ketinggian pada sorotan lampu kepala dengan jumlah penumpang yang berada didalamnya. Ketika penumpang diturunkan maka sorot lampu dapat kembali pada posisi yang semula dan dipasang pada bagian suspensi belakang. Adaptive frontlight system merupakan sistem yang dapat membelokkan sorot sesuai dengan arah pengemudi melakukan belokan dan membuat sudut belok roda ke bagian depan.

Berikut adalah tips merawat headlamp:

  • Menggunakan headlamp sesuai dengan kapasitasnya, sebaiknya tidak menggunakan lampu berdaya tinggi penyebab panas dan membuat menjadi kuning dan membuat aki tidak awet.
  • Perhatikan karet bohlam yang dapat robek dan getas jika tidak dicek sehingga membuat kotoran dan debu tidak dapat masuk.
  • Perhatikan bagian seal mika pada luar lampu, jika seal rusak maka sebaiknya merapikan atau menggantikannya sehingga tidak terdapat celah.

Untuk merawat headlamp mobil maka jaga kebersihan bagian kap mesin karena dapat menjadi jalan masuk debu dan kotoran. Gunakan isolasi untuk dapat merapatkan lubang yang menghalangi kotoran masuk. Sebaiknya parkir ditempat teduh sehingga UV tidak akan memberikan dampak buruk pada mika dan parkir di tempat teduh akan memberikan keawetan pada lampu mobil. Dapat juga menggunakan cairan anti UV sebagai pelindung kaca mobil tambahan.

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.