Monitoring Network Ubiquiti Dengan UNMS

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Monitoring Network Ubiquiti Dengan UNMS. UNMS atau Ubiquiti Network Management System merupakan sebuah aplikasi monitoring network yang digunakan untuk memonitor network ubiquiti baik radio dan router. Dengan menggunakan Ubiquiti Network Management System, anda dapat mengkonfigurasi, memantau, meng-upgrade, dan membuat cadangan perangkat UBNT Anda. Anda juga dapat menyertakan peralatan nirkabel dan perangkat GPON optik Anda juga. Anda juga bahkan bisa mengelola AP klien dengan mudah. Pengelolaan semua perangkat dalam satu aplikasi UNMS.

Aplikasi ini bisa dibuka dan diakses menggunakan web browser, aplikasi ios dan aplikasi android. Jadi sangat memudahkan kita untuk memonitor network kita bukan.

Fitur-fitur yang tersedia juga lengkap, seperti firmware manager, task manager, logs, outages, monitoring sites, monitoring clients, dan monitoring all devices.

1. Firmware Manager

Firmware Manager

2.Task Manager

Task Manager

3. Logs

Logs

4. Outages

Outages

5. Monitoring Sites

Monitoring Sites

6. Monitoring Clients

Monitoring Clients

7. Monitoring All Devices

Monitoring All Devices

Kita juga bisa memonitor ke dalam AP kita, kita bisa melihat client yang berada pada AP tersebut, dan fitur-fitur lainnya.

Pada menu dashboard kita akan melihat status client, mode wireless, SSID, jenis antena, Transmit CCQ, Frequency, dan monitoring throuhput.

Airmax

Kita juga bisa melihat station atau client yang ada di AP tersebut.

Station

Kita bisa memantau ping atau latency.

Latency & Outage

Kita juga bisa melihat dan memantau TX RX

TX RX

Kita bisa melihat topologi juga lewat MAP

Map

Jadi sangat mudah kan Monitoring Network Ubiquiti Dengan UNMS. Untuk cara installasi UNMS bisa baca pada artikel Installasi UNMS Pada Debian dan Ubuntu 16.04

Sharing is caring!

Baca Juga  Setting Auto Restart Radio Ubiquity (UBNT)

4 thoughts on “Monitoring Network Ubiquiti Dengan UNMS”

    1. Download aplikasi unms pada playstore (android) atau appstore (ios) lalu masukan ip server ya kakak buat tadi dan username sama passwordnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.