Tunai Lite

Pinjam uang di aplikasi Tunai Lite yang terdaftar di OJK di 2021

Pendapatan bulanan

Minimal pendapatan 2 jt/ bulan

Rate Bunga

Mulai dari 1.45% per bulan

Usia

Minimal usia 21 tahun

Jangan Tertipu! Ini Pro Kontra Tunai Lite yang Harus Diketahui

Semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi membuat sebagian orang akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan jasa pinjaman online yang menjanjikan pencairan dana cepat tanpa masalah. Sayangnya, tidak semua aplikasi pinjaman online tersebut bersifat legal dan terdaftar di OJK, misalnya saja Tunai Lite. Tunai Lite apk dikembangkan oleh KSP Dana Kemitraan Industri yang berbasis di Jakarta. Selain memiliki aplikasi Tunai Lite, Anda juga bisa mengakses versi website-nya yang secara umum memberikan informasi seputar produk yang ditawarkan dengan rancangan laman yang user-friendly sehingga mudah digunakan. 

Tunailite menjanjikan kemudahan pinjaman yang dimulai dari pengunduhan aplikasi, registrasi, pengajuan, verifikasi hingga pencairan. Secara umum, tidak ada yang salah dengan proses tersebut karena rata-rata aplikasi pinjaman online juga memberlakukan prosedur yang sama. Masalahnya adalah Tunai Lite masuk dalam daftar fintech ilegal yang dirilis tahun 2020 yang lalu. Waduh, bagaimana ceritanya, ya? Simak informasi seputar pro-kontra Tunai Lite OJK berikut ini. 

Tunai Lite Merupakan Platform Pinjaman Online

Seperti pinjaman online pada umumnya, Anda bisa menemukan pinjam lite apk di toko aplikasi dimana penilaian terhadap aplikasi tersebut bisa dibilang cukup bagus. Anda yang jarang berurusan dengan pinjaman online mungkin akan merasa tergiur dan yakin bahwa Tunai Lite bisa menjadi satu opsi menarik saat butuh dana cepat cair aplikasi easy cash

Apalagi Tunai lite melengkapi aplikasinya dengan versi web yang semakin meyakinkan. Di bagian bawah laman tersebut juga ada info seputar detail alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi saat Anda membutuhkan informasi atau apapun terkait peminjaman uang. Dari sini semua nampak wajar dan normal saja. Biasanya, jika platform peminjaman uang berani menampilkan alamat kantor, berarti reputasinya baik dan bertanggung jawab.

Tuna Lite Tidak Memiliki Logo OJK

Masalah muncul ketika di laman tersebut tidak ada logo OJK yang menjadi penanda bahwa pinjam lite sudah terdaftar dalam di bawah pengawasan lembaga tersebut. Untuk urusan pinjaman online, ketiadaan logo OJK adalah masalah serius karena berarti pinjol yang dimaksud adalah ilegal meskipun dikeola oleh KSP atau lembaga apapun. OJK menjadi badan yang mengawasi kegiatan keuangan semacam ini sehingga bila tidak terdaftar maka artinya semua proses dan prosedurnya tidak bisa dipertanggungjawabkan. 

Hal yang disayangkan adalah meski tidak memiliki logo OJK dan tidak terdaftar di dalamnya, masih ada saja orang yang nekat melakukan peminjaman uang di sana. Padahal saat ini sudah semakin banyak aplikasi pinjol legal yang dijamin oleh OJK sehingga lebih aman. Dampaknya, berbagai kasus dan keluhan mencuat terkait dengan kinerja Tunai Lite.

Tunai Lite Tuai Keluhan dan Pengaduan

Sebenarnya sudah bisa dibayangkan dan diprediksi bahwa jika sebuah aplikasi pinjaman online tidak terdaftar di OJK, maka hanya masalah yang akan hadir dalam hidup Anda. Dan benar adanya. Ada surat terbuka yang dituliskan oleh salah satu pengguna dimana dia mengaku pernah meminjam sejumlah uang pada Tunai Lite namun ingin membatalkannya. Masalahnya, pembatalan tersebut tidak bisa diproses dengan alasan yang tidak jelas dan akhirnya dana tetap saja dicairkan ke rekening pengguna jasa. Selain jumlah uang yang memiliki potongan besar, tenor yang dijanjikan ternyata tidak ditepati karena penagihan dilakukan lebih cepat. Ditambah lagi, bunga yang dibebankan tidak masuk akal. Penagihan yang kasar, penuh caci maki hingga penyebaran data pribadi akhirnya terjadi dan pastinya merugikan pengguna jasa.

Tunai Lite Masuk Dalam Daftar Fintech Ilegal

Di tahun 2020 yang lalu OJK kembali merilis nama pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar di OJK namun tetap beroperasi. Dari lebih dari 60 nama pinjol yang dirilis, Tuna Lite berada di posisi atas yang artinya memang benar bahwa platform tersebut tidak bisa dipercaya dan tidak seharusnya digunakan oleh para pengguna jasa pinjaman. Meskipun pengaduan yang dibuat masih tidak diketahui kelanjutannya, predikat yang sudah tersemat di Tunai Lite cukup menjadi bukti bahwa aplikasi ini sebaiknya dihindari.

Tahun 2021 penuh dengan tantangan, salah satunya dengan semakin maraknya pinjaman online tidak berbadan hukum yang hanya merugikan pengguna jasa. Waspada dan berhati-hatilah saat memilih pinjol supaya tidak menjadi korban berikutnya.

Cek juga

Cara pinjam pulsa darurat XL di 2021

Pendapatan bulanan

hingga Tidak ada minimum pendapatan

Rate Bunga

hingga Biaya adm 2500

Usia

Tidak ada persayaratan umur

Cara hutang pulsa Indosat khususnya Im3 di 2021

Pendapatan bulanan

hingga Tidak ada minimum pendapatan

Rate Bunga

hingga Biaya adm 2500

Usia

Wajib memiliki KTP

Cara pinjam uang 10 juta tanpa jaminan dan langsung cair di Bank BRI

Pendapatan bulanan

hingga Gaji minimum Rp 3 juta / bulan

Rate Bunga

hingga Mulai dari 2% per bulan

Usia

Minimal usia 21 tahun